Banjir Besar Manado: Pemprov Sulut Siaga Bencana

Banjir Manado
Sumber :
  • ANTARA/Fiqman Sunandar

VIVAnews – Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang, mengatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berduka akibat jatuhnya korban tewas dalam bencana banjir dan longsor yang terjadi di provinsi itu. Korban tewas menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulut, sedikitnya berjumlah 14 orang.

Gubernur pun meminta warga Sulut tetap waspada dengan kemungkinan bencana yang datang mendadak. “Saya imbau warga agar tetap waspada. Jangan panik. Kami, pemerintah, akan bekerja semaksimal mungkin,” kata Sarundajang kepada VIVAnews, Minggu malam, 17 Februari 2013.

Menurutnya, prioritas penyelamatan adalah manusia. Sarundajang juga meminta posko-posko tanggap darurat harus segera menyalurkan logistik ke lokasi titik-titik bencana. “Tim Reaksi Cepat BPBD telah ke lokasi bencana. Pemerintah akan tetap terus memantau. Hal ini juga telah saya sampaikan ke Presiden,” kata Sarundajang.

Gubernur Sulut secara resmi memerintahkan semua jajaran Pemprov Sulut untuk siaga bencana. Ia menginstruksikan semua staf dan pejabat Pemprov untuk langsung turun ke lokasi bencana guna memberikan bantuan dan memonitor perkembangan daerah rawan bencana di kota Manado dan sekitarnya. “Kami siapkan langkah-langkah penanggulangan bencana yang dikoordinir oleh BPBD Provinsi Sulut,” kata dia.

Gubernur terus memonitor proses tanggap darurat dan memastikan evakuasi terus berjalan.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

“Semua unsur sedang bekerja, baik Dinas Pekerjaan Umum untuk penyediaan alat berat, BPBD untuk menyediakan tenda dan posko bantuan serta evakuasi, Dinas Kesehatan untuk penanganan korban, dan Dinas Sosial untuk bantuan bencana. Seluruh jajaran Taruna Siaga Bencana dimobilisasi di semua titik bencana,” kata Sarundajang.

Hingga Minggu malam, 17 Februari 2013, berdasarkan data Badan Meteorologi, Kalimatologi, dan Geofisika (BMKG), beberapa daerah di Sulawesi Utara seperti kota Manado, Airmadidi di Minahasa Utara, Ondong Siau, Melongguane, dan Tahuna, diguyur hujan dengan intensitas tinggi atau lebat. (ren)

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024