Ikan, Makanan Primadona untuk Kesehatan

VIVAnews – Ikan adalah makanan kaya protein dan asam lemak omega 3 yang sebaiknya dikonsumsi rutin. Namun, memilih ikan segar gampang-gampang susah.

Kesulitan tidak hanya saat memilah-milah ikan mana yang paling segar, tapi apa ikan yang paling enak, paling bergizi, dan paling menyehatkan?

Di Amerika Serikat (AS), karena selalu bingung memilih jenis ikan, lebih dari setengah penduduk AS jarang makan ikan. Atau jika terpaksa ingin makan ikan, mereka hanya memakannya di restoran.

Padahal, makan ikan adalah aset berharga untuk kesehatan otak dan jantung. Asosiasi Diet Amerika dan Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan agar makanan laut disantap sedikitnya dua kali sepekan karena kandungan proteinnya sangat tinggi.

Supaya aman memilih ikan, berikut beberapa fakta tentang ikan sehingga Anda dapat memilih ikan yang paling enak, segar, dan menyehatkan.

Produk ikan mendominasi 42 persen barang dagangan di pasar. Jenis yang paling laris adalah tuna, salmon, dan beberapa jenis ikan lain. Koki hebat sering mencantumkan ikan day-boat atau ikan yang baru saja ditangkap, dalam daftar menu restoran.

Seringkali ikan segar yang Anda beli dibekukan di lemari pendingin. Ikan yang dijual segar bisa berada di luar air selama satu hari hingga dua pekan dan tetap segar.