Intip Bukit Berwajah Wanita

lukisan wajah Amelia Earheart di atas bukit
lukisan wajah Amelia Earheart di atas bukit
Sumber :
  • atlasobscura.com

VIVAlife - Pernah membayangkan bersantai dan berjalan-jalan di The Shire, desa para Hobbits di Lords of The Ring? Nah, mimpi itu bisa diwujudkan di perbukitan di Atchison, Kansas, Amerika Serikat. Tebaran hijau layaknya karpet, memang menggoda untuk diduduki.

Namun, laman altasobscura.com menyebutkan, bukan hanya itu yang membuat bukit Atchison istimewa, melainkan sebuah bidang yang berbentuk wajah wanita.

Jika dilihat sejajar, keistimewaan itu memang tidak tampak. Keindahannya baru terungkap dari ketinggian. Dari atas, terlihat wajah Amelia Earhart, pelopor penerbangan, penulis, dan pejuang hak wanita Amerika Serikat. Earhart hilang secara misterius di Samudera Pasifik, saat melakukan penerbangan keliling dunia tahun 1937. Itulah mengapa sosoknya masih dikenang, serta diabadikan pada sebuah bukit.

Karya seni ini dibuat pada 24 Juli 1997, bertepatan pada ulang tahun ke-100 Earhart. Stan Herd, seniman Kansas, mengukir wajah Earhart di atas bidang seluas 12 kilometer persegi. “Lukisan” unik besutan Herd itu dibuat dari berbagai tanaman organik yang dikembangkan secara vegetatif.

Tidak perlu menyewa helikopter untuk menikmati wajah Earhart. Dengan mendaki ke bukit yang lebih tinggi di sekitarnya, pengunjung bisa mengagumi tangan dingin Herd, yang melukis Earhart selayaknya pilot wanita nan tangguh, lengkap dengan atribut penerbang era 30an berupa helm dan kacamata besar. (eh)