RBT dan Blacklist SMS Banyak Diminati

VIVAnews - Layanan value added service (VAS) XL mengontribusikan sekitar 6 persen terhadap total pendapatan XL di tahun 2008 lalu. Pendapatan tersebut didapat dari digunakannya layanan VAS oleh 30 persen total pelanggan XL.

Dari jajaran VAS yang dimiliki XL, Ring Back Tone (RBT) masih menjadi layanan yang paling dominan. Pada akhir tahun lalu pengguna RBT XL mencapai sekitar 4 juta pelanggan. “Dalam waktu empat bulan, dari Desember sampai April, jumlah pengguna RBT kami bertambah lagi 1 juta, menjadi sekitar 5 juta pelanggan,” kata I Made Harta Wijaya Vice President VAS dan Marketing XL pada peluncuran layanan Fun and Excitement di Jakarta, 2 April 2009. 

Pertumbuhan layanan VAS yang signifikan tersebut juga dipengaruhi oleh layanan baru bertajuk SMS Plus. SMS Plus sendiri merupakan layanan yang memiliki fungsi untuk auto forward, auto copy, auto blacklist, dan auto reply tiap pesan singkat yang diterima pengguna layanan.

“Sejak soft launch 2 bulan lalu, jumlah pelanggan SMS Plus pada bulan pertama langsung tercatat 56 ribu pengguna. Pada bulan kedua, bertambah lagi menjadi 128 ribu,” kata Harta Wijaya. “Fitur yang paling sering digunakan pada layanan itu adalah auto blacklist,” ucapnya.

Dalam menyediakan konten, XL juga bekerjasama dengan sejumlah content provider. Sampai saat ini, jumlah CP yang melakukan kerjasama dengan XL mencapai 120 perusahaan penyelenggara.

All of People in Gaza Drinking Unsafe Water, Health Ministry Says
Tangkapan layar data lokasi gempa Garut.

Hari Ketiga Pascagempa Garut, BNPB Catat 267 Rumah Rusak

Sampai dengan hari ini, tercatat ada sebanyak 267 rumah warga terdampak gempa Garut yang terjadi pada Sabtu malam 27 april 2024 pukul 23.29 WIB.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024