5 Cara Jadikan Hari Kerja Lebih Menyenangkan

Ilustrasi wanita tersenyum
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Anda termasuk orang yang merasa malas menghadapi hari Senin, tapi sangat bersemangat menjelang akhir pekan? Kemudian, menjalani rutinitas dari Senin hingga Jumat bagai robot dan baru merasa hidup menjelang Jumat sore?

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Mungkin sebenarnya tidak ada yang salah dengan hidup Anda. Hanya saja, Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat hari-hari menjadi lebih bahagia bagaikan akhir pekan.

Tak perlu memaksakan diri untuk berkumpul dengan teman setiap hari, jika hanya ingin merasa bahagia. Ada cara-cara yang lebih mudah untuk membuat Senin hingga Jumat Anda lebih hidup. Dikutip Finer Minds, berikut cara menjadikan Senin hingga Jumat lebih menyenangkan.

Senin: Visualiasasikan hal positif

Hampir semua orang mengakui, Senin adalah hari paling menyebalkan. Pasalnya, di hari ini Anda dipaksa untuk kembali beraktivitas setelah dua hari merasa bebas. Tapi daripada mengutuk diri tiap Senin, sebaiknya visualisasikan hari dengan lebih baik. Pikirkan hal-hal positif yang dapat membuat Anda tersenyum. Misalnya, bayangkan diri Anda datang tepat waktu di kantor, proyek Anda disetujui dan atasan memuji kerja keras Anda.

Dengan demikian, Anda akan menghadapi hari Senin dengan lebih semangat. Terlebih lagi, dengan sikap baru dan semangat yang Anda tunjukkan, orang-orang di sekeliling akan bereaksi sama. Dengan mengubah diri sendiri, Anda juga akan mengubah orang di sekitar Anda.

Caranya: Visualisasikan hal-hal positif. Lakukan selama lima menit di pagi hari sebelum bangun dari tempat tidur atau saat sedang bersiap-siap.

Selasa: Berhenti mengeluh

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Mengeluh jadi hal yang paling mudah dilakukan saat merasa bosan. Apalagi jika ada orang yang bisa disalahkan. Berhenti lakukan hal tersebut jika ingin hidup lebih bahagia. Karena saat Anda berhenti mengeluh maka Anda akan melihat bahwa ada banyak hal di luar sana yang sebenarnya sangat menyenangkan.

Caranya: Tuliskan di selembar kertas, lima hal yang paling sering Anda keluhkan. Simpan kertas tersebut dalam dompet Anda, sehingga Anda bisa melihatnya setiap saat. Dan setiap kali mengingat salah satu dari lima hal tersebut dan membuat Anda ingin mengeluh, geser fokus Anda dengan memikirkan sesuatu yang dapat membuat Anda tersenyum. Bagaimana mengetahui bahwa Anda berhasil berhenti mengeluh? Saat Anda lupa bahwa Anda membawa daftar kertas berisi keluhan yang tidak penting.

Rabu: Beri penghargaan untuk diri sendiri

Orang cenderung akan menghabiskan waktu untuk menyalahkan diri sendiri saat melakukan kesalahan. Padahal Anda juga bisa memberikan penghargaan bagi diri sendiri saat berhasil mencapai sebuah prestasi.

Caranya: Tiap malam sebelum tidur, pikirkan hal-hal yang sudah dicapai di hari itu. Lalu rencanakan sesuatu untuk merayakan setiap pencapaian tersebut.

Kamis: Pujilah orang-orang di sekeliling Anda

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Semua orang pasti senang dipuji. Ketika mendapat pujian, tanpa sadar mereka akan kembali memuji orang tersebut. Dengan mendapatkan pujian, orang juga cenderung akan melakukan hal yang sama dengan lebih baik, untuk kemudian menerima pujian kembali.

Caranya: Setiap hari selama seminggu, beri pujian kepada setidaknya tiga orang yang ada di sekeliling Anda. Syaratnya, pujian yang diberikan haruslah tulus. Dengan melihat ketulusan Anda maka orang-orang akan merasa dihargai dan dapat lebih menghargai Anda.

Jumat: Tulis tujuan hidup yang menyenangkan

Duduk dan tulis tujuan hidup yang menyenangkan dalam selembar kertas. Tuliskan semua hal yang Anda inginkan dan cara mendapatkannya. Simpan kertas tersebut di tempat yang paling mudah ditemui dan lihat kembali di hari Senin untuk memulai hari lebih semangat. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya