Terobosan Baru, Lensa Kontak Pencegah Kebutaan

Mata biru atau bulu mata lentik
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Glaukoma, penyakit mata ini bisa berujung pada kebutaan. Pandangan mata kabur secara bertahap, karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat.
Sebabkan Penyakit Kronis, Pakar Sebut Air di Atas Baku Mutu Tak Dapat Lagi Dikonsumsi

Biasanya, dokter akan memberikan resep obat tetes untuk menangani glaukoma. Tapi, para ilmuwan melahirkan terobosan baru, sebuah lensa kontak untuk mengobati penyakit ini. 
Kemasan Guna Ulang Dinilai Perlu Digalakkan untuk Kurangi Timbunan Sampah Plastik

Temuan ini diciptakan oleh empat institusi sekaligus: Massachusetts Eye and Ear Infirmary, Harvard Medical School Department of Ophthalmology, Boston Children's Hospital, dan Massachusetts Institute of Technology. Selain ampuh mengatasi glaukoma, peneliti percaya, lensa kontak ini dapat menyembuhkan penyakit mata lainnya.
Agung Sedayu Lengkapi PIK 2 dengan Taman Doa Lady of Akita Senilai hingga Rp 250 M

"Secara umum, tetes mata merupakan metode efisien untuk menyembuhkan glaukoma, tapi pasien kadang kurang disiplin dalam penggunaannya. Oleh karena itu, lensa kontak ini didesain sebagai perantara yang lebih efektif," kata Joseph Ciolino, spesialis kornea mata dari Massachusetts Eye and Ear Infirmary, seperti dikutip healthnewstoday.

Dengan menggunakan lensa kontak ini selama sebulan, hasilnya sebanding dengan yang pemberian obat tetes latanoprost --salah satu obat yang paling diresepkan-- setiap hari. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya