VIDEO: Wajah Bumi dan Bulan dari Planet Jupiter

Penampakan Bumi dan Bulan dari Apollo.
Sumber :
  • nasa.gov
VIVAnews -
Sebabkan Penyakit Kronis, Pakar Sebut Air di Atas Baku Mutu Tak Dapat Lagi Dikonsumsi
Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis sebuah film baru yang luar biasa tentang aktivitas Bumi dan Bulan di ruang angkasa. Di video itu, kedua objek tampak seperti sedang melakukan tarian bersama-sama.

Kemasan Guna Ulang Dinilai Perlu Digalakkan untuk Kurangi Timbunan Sampah Plastik

Melansir
Agung Sedayu Lengkapi PIK 2 dengan Taman Doa Lady of Akita Senilai hingga Rp 250 M
BBC, Kamis 12 Desember 2013, gambar aktivitas Bumi dan Bulan itu berhasil diabadikan oleh probe —wahana ruang angkasa robotik— Juno yang ditempatkan di orbit Planet Jupiter pada bulan Oktober lalu.


Di video itu, Bumi terlihat berputar para porosnya. Sedangkan, Bulan bergerak dari arah kiri ke kanan dengan melewati belakang Bumi.


Kepala Peneliti Probe Juno, Scott Bolton mengatakan gambar tersebut telah membuat manusia memiliki pengetahuan baru tentang aktivitas Bumi dan Bulan di ruang angkasa.


"Manusia bisa melihat Bumi dan Bulan bergerak seperti sedang melakukan sebuah tarian. Dan itu menambah pengetahuan dan cara berpikir baru bagi manusia," kata Bolton.


Dia menjelaskan, video itu diambil oleh Probe Juno pada jarak 1.000.000 kilometer dari Bumi dan Bulan. Sehingga, memiliki resolusi gambar yang sangat rendah dan pencahayaan yang kurang.


"Kamera pada Probe Juno memang dirancang untuk beroperasi di Planet Jupiter, sehingga pencahayaannya seratus kali lebih redup ketika merekam aktivitas Bumi dan Bulan," jelas Bolton.


Berikut videonya:



Untuk diketahui, Probe Juno pertama kali diluncurkan ke ruang angkasa pada 5 Agustus 2011 lalu. Tujuannya menyelidiki asal-usul dan evolusi dari Planet Jupiter sebagai planet terbesar di Tata Surya.


Instrumen pengindaraan jauh di Probe Juno memiliki fungsi utama untuk mengukur kadar air di atmosfer dan kadar oksigen di sekitar Jupiter. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya