Bintang film 'Lawrence of Arabia' Peter O'Toole Tutup Usia

Peter O'Toole
Sumber :
  • REUTERS/Fred Prouser/Files

VIVAlife -  Aktor yang tenar lewat film klasik Lawrence of Arabia , Peter O'Toole, tutup usia pada Sabtu, 14 Desember 2013. Ia meninggal di usia 81 tahun setelah mengidap penyakit yang cukup lama.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

"Dengan sedih keluarga Peter O'Toole hari ini (Minggu-red) mengumumkan bahwa Peter telah meninggal kemarin dengan damai di rumah sakit. Ia telah sakit selama beberapa waktu," ujar agen Peter, Steve Kenis kepada kantor berita Reuters.

Peter sempat divonis mengidap kanker perut pada tahun 1970-an dan berhasil sembuh dari penyakit tersebut. Meski demikian, kondisi kesehatannya memburuk akibat terlalu banyak menenggak minuman beralkohol dan juga merokok.

Semasa hidupnya, Peter telah membintangi banyak film lebar. Namun, film yang membuat namanya melejit adalah Lawrence of Arabia. Dalam film itu, ia memerankan TE Lawrence, seorang perwira tentara Inggris yang eksentrik.

Dengan mengantongi pesona dan wajah tampan, Peter sukses mengarungi karier di dunia akting selama 50 tahun. Ia pun sempat meraih delapan nominasi Oscar. Sayangnya, tak satu pun piala ia dapatkan.

Pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences kemudian berinisiatif memberikan Piala Oscar Kehormatan pada tahun 2003. Namun, piala tersebut ditolak oleh Peter. Meski menghargai hal tersebut, Peter menyatakan bahwa ia bisa saja memenangkan Oscar sebelum usia 80 tahun.

"Akademi silakan menunda Piala Kehormatan sampai saya berusia 80 tahun," ujar Peter dalam surat terbuka yang ditulis dengan tangan kepada Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Peter diyakini lahir di Irlandia dan dibesarkan di Inggris. Ia mengasah bakat aktingnya di Royal Academy of Dramatic Art (RADA). Dalam akademi itu, Peter berada di kelas yang sama dengan Albert Finney. Selain Lawrence of Arabia, film Peter yang terkenal lainnya adalah Goodbye, Mr. Chips, The Ruling Class, The Stunt Man, dan My Favorite Year.

Dio Novandra dan Megawati Hangestri

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Momen Megawati Hangestri mengenalkan pacarnya, Dio Novandra Wibawa ke pemain Red Sparks tengah menjadi sorotan pecinta voli Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024