Pastor Keuskupan Ruteng Menghilang Usai Ketahuan Berduaan dengan Istri Orang

Dupa dan kemenyan saat misa di Gereja Katedral Ruteng
Sumber :
  • Jo Kenaru

Manggarai Timur- Seorang imam Katolik Keuskupan Ruteng yang bertugas di  Manggarai Timur,  Nusa Tenggara Timur (NTT) dikabarkan menghilang usai tertangkap basah sedang berduaan dengan seorang perempuan di dalam kamar.

Paus Fransiskus Puasa Nonton TV Selama 35 tahun, Ini Alasannya

Berita dugaan perzinahan itu tersiar di jagat maya sejak Kamis 25 April 2024 malam. Pastor yang lagi viral itu berinisial AI sebagai pastor Paroki Kisol di Kecamatan Kotakomba. 

Sang klerus kegep alias ketahuan saat sedang berduaan di kamar dengan seorang wanita bersuami pada Rabu 24 April 2024 sekitar pukul 02.00.WITA dini hari. 

Terpopuler: Pastor Ajak Jemaat Masuk Masjid, Kisah Inspiratif Mama Eli Mualaf Sendirian

Misa perutusan para pastor Keuskupan Ruteng di Gereja Katedral Ruteng

Photo :
  • Jo Kenaru

Suami dari perempuan yang diselingkuhi sang pastor mendapati langsung perbuatan istrinya dan Romo AI di dalam kamar. Dugaan perzinahaan itu kemudian dilaporkan ke Kevikepan Borong. 

Kisah Mualaf 2 Pendeta Ternama, Hal Mengejutkan dan Tak Terduga Ini Jadi Alasan

Pastor AI dan selingkuhannya berinisial HJ dilaporkan sama-sama menghilang. Romo AI dikabarkan pergi meninggalkan paroki begitu juga HJ diberitakan telah minggat dari rumahnya.

Ketua Dewan Pastoral Paroki Kisol, Hendrikus Rambe membenarkan kabar beredar. Tapi ia mengetahui kabar tersebut ketika pada esok harinya ia dan pengurus Sekretariat DPP dipanggil untuk bertemu Vikep (vikaris episkopal) Borong, Rm Simon Nama.

"Ini kan kami tahu dari Kekevikepan Borong. Kasus ini dilaporkan ke kevikepan oleh suami dari perempuan itu. Kami dipanggil ke pendopo Paroki Kisol sampai sana ketemu romo vikep ada datang dari Borong ke Paroki Kisol. Kami kesana Rabu malam,  Rabu subuh kan kejadiannya," ujar Hendrikus Rambe dihubungi ViVa,  Jumat 26 April 2024.

"Dia (Romo Vikep) beritahukan ada laporan seperti itu soal pelayanan pastoran dia sendiri yang tangani karena pastor paroki yang kami punya Romo Gusti sudah tidak ada di tempat begitu," imbuhnya.

Kabar perselingkuhan pastor AI dengan wanita bersuami di Stasi Rende Lembur sangat mengejutkan khususnya di intenal paroki.

“Informasi itu sangat mengejutkan kami. Perempuannya dari Stasi Rende, Lembur, masih wilayah Paroki Kisol,” sebut Rambe.

Diungkapkan Rambe, adapun suami dari perempuan yang kini ikut menghilang bersama pastor AI selama ini dikenal sebagai petugas PLN Unit Borong.

"Namanya saya tidak tahu. Tapi suaminya kami di sini kenal pegawai PLN di Borong sana," tambah Rambe.

Sebelum bertugas menjadi pastor Paroki Kisol pada 2022, AI sebelumnya bertugas di Paroki Golowelu Manggarai Barat.

"Usia tahbisan imamatnya sekitar 15 atau 16 tahun begitu. Tahun 2022 ia jadi pastor paroki Kisol  pindah dari Paroki Golo Welu," sambung Hendrikus Rambe.

Keuskupan Ruteng tutup mulut

Kasus tersebut telah disampaikan kepada pihak Keaukupan Ruteng. Romo Simon Nama, Pr selaku Vikep Borong  menolak memberi kerangan pers.

"Saya tak boleh memberi keterangan pers tentang masalah itu kita lewat satu pintu yakni sekretariat keuskupan," tulis Rm Simon via WhatsApp.

Sekretris Keuskupan Ruteng Pastor Manfred Habur belum berhasil dikonfirmasi. Hingga berita ini dibuat, Sekretaris Keuskupan belum merespons pertanyaan yang dikirim melalui WhatsApp Jumat pagi. (Jo Kenaru/NTT)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya