Napi Palopo Minta Kalapas Sri Diturunkan dari Jabatan

Kebakaran akibat kerusuhan di Lapas Kelas IIA Palopo, Sulsel
Sumber :
  • Antara/ Lucas

VIVAnews - Dua hari lalu, ratusan napi di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A, Kota Tua Palopo, Sulawesi Selatan mengamuk dan membakar sejumlah gedung di lapas itu. Dalam dialog dengan pengelola lapas, kepolisian dan instansi terkait lainnya, para napi menyampaikan sejumlah permintaan.

Salah satu permintaan para napi itu adalah pagar blok ditutup lebih malam, yakni pukul 22.00. "Sesuai ketentuan, blok dibuka mulai pukul 06.00 dan ditutup pukul 18.00. Itu adalah waktu yang dizinkan napi berada di luar," jelas Kepala Subdit I Pidum Bareskrim Polri Komisaris Besar Mashudi, Senin 16 Desember 2013.

Selain itu, para napi juga menuntut agar Kalapas Palopo Sri Pamuji turun dari jabatannya. Kepolisian mengaku belum tahu motif para napi di balik tuntutan ini.

Namun, kata dia, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan meneliti atau mendalami tuntutan para narapidana itu. Pendalaman itu terkait apakah ada tindakan disiplin yang telah dilakukan Sri atau tidak.

"Setelah mempelajari track record dia (Sri), kalau memang bagus, tuntutan tidak akan dikabulkan. Tapi kalu memang ada indikasi yang mengarah pada pelanggaran, akan dipertimbangkan," katanya.

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24

Sejauh ini, dalam kerusuhan di Lapas Kota Tua, Palopo. Mereka adalah RH sebagai provokator, B penganiaya kalapas, serta U dan A pelaku pembakaran. (umi)

Baca juga:

Little Tokyo Blok M

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Beberapa destinasi di Jakarta bisa masuk dalam list untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi tempat liburan long week end Jakarta berikut ini!

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024