KPK: Ratu Atut Masih Punya Pengaruh yang Sangat Kuat

Ratu Atut Ditahan KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Penahanan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, yang begitu cepat – pada pemeriksaan perdananya sebagai tersangka, bukan tanpa alasan. Komisi Pemberantasan Korupsi mengatakan, Atut perlu ditahan untuk meningkatkan objektivitas pemeriksaan.

“Bagaimanapun, Ratu Atut masih punya pengaruh cukup kuat. Sebetulnya bukan cukup kuat, tapi sangat kuat,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Gedung KPK, Senin 23 Desember 2013. KPK merasa perlu menahannya juga supaya akuntabilitas pemeriksaan lebih terjaga.

Bambang tak menampik jika alasan lainnya di balik penahanan Atut adalah karena Gubernur Banten itu diduga berupaya mempengaruhi saksi. “Kami ingin proses hukum ini berjalan tanpa adanya pengaruh itu,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Ratu Atut memecat Kepala Dinas Kesehatan Banten Djaja Buddy Suhardja pada Senin, 9 Desember 2013. Pemecatan itu diduga karena Djaja menjadi saksi kunci atau saksi pelapor pada kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) di Provinsi Banten tahun 2012.

Sebelum itu, Djaja memang pernah menjadi saksi dalam kasus korupsi pengadaan alkes di Kota Tangerang Selatan dan Provinsi Banten. Saat itu ia bersaksi untuk tersangka Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang merupakan adik kandung Atut, dan Atut sendiri.

Atut ditahan setelah menjadi tersangka dalam kasus suap pengurusan sengketa Pilkada Lebak, Banten, di Mahkamah Konstitusi yang melibatkan adiknya, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, dan mantan Ketua MK Akil Mochtar. KPK menduga Atut membantu adiknya menyuap Akil.

Pengacara Atut, Firman Wijaya, hari ini akan mengajukan penangguhan penahanan bagi kliennya. Firman membantah Atut berupaya mempengaruhi saksi-saksi dalam kasusnya.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Apabila Atut mengumpulkan anak buahnya, maka hal itu dalam konteks pemeriksaan KPK. “Bu Atut bisa saja minta bantuan bawahannya untuk mengingatkan data-data dan dokumen yang dibutuhkan KPK. Itu malah membantu KPK,” kata dia.

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024