Ini Pendekatan Baru Tangkal Serangan Virus HIV

Virus HIV tengah menempel pada sel
Sumber :
  • io9
VIVAnews -
Pakai Sepatu Lari Buat Olahraga di Gym, Hati-hati Bisa Bikin Cedera Ini
Selama ini diketahui bahwa alasan meninggalnya orang-orang yang terinfeksi virus HIV adalah karena sel-sel darah putihnya mati, dan tidak mampu melawan infeksi.

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Apresiasi Pendampingan UMKM

Tapi, baru-baru ini anggapan itu dibantah. Sejumlah peneliti dari University of California, Amerika Serikat, menemukan bahwa kematian sel darah putih itu disebabkan penghancuran diri sel akibat peradangan, seperti dilansir
Prabowo: Ada yang Ngaku-ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai
Live Science, Senin, 23 Dsember 2013.


"Sel darah putih itu membunuh dirinya sendiri. Bukan disebabkan oleh virus HIV," kata Dr Warner Greenem, peneliti dari University of California, San Francisco, AS.


Temuan baru ini membuka pendekatan terapi baru dalam pengobatan pasien AIDS yang terjebak pada bagaimana respons kekebalan tubuh terhadap virus HIV. Bukan pada pembunuhan virus HIV.


Penelitian terbaru ini mengatakan, kematian sel darah putih disebabkan respons kekebalan tubuh manusia yang kalah dari serangan virus HIV.


Singkat cerita, virus HIV yang berhasil memasuki sel darah putih akan membelah diri menjadi banyak virus, sehingga sel darah putih tidak mampu menangkal virus yang terus-menerus berkembang biak. Dan, pada akhirnya sel darah putih itu mati dengan sendirinya akibat peradangan.


Sekarang ini, peneliti fokus menguji coba obat untuk mencegah sel darah putih dari peradangan. Dengan begitu diharapkan pengidapnya mampu bertahan dan menangkal serangan dari virus HIV.


"Temuan dari obat anti peradangan pada sel darah putih sangat penting. Sebab, peradangan pada sel darah putih adalah penyebab utama tidak terkendalinya virus HIV di dalam tubuh manusia," kata Greenem. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya