Tubuh Cepat Tua, Apa Sebabnya?

Ilustrasi olahraga sepeda.
Ilustrasi olahraga sepeda.
Sumber :
  • REUTERS/David W Cerny

VIVAlife - Jumlah lilin yang ditancapkan di kue ulang tahun biasa jadi pertanda usia. Tapi tubuh, belum tentu sesuai dengan usia yang sebenarnya. Sebuah penelitian menemukan, 86 persen manusia memiliki tubuh yang secara fisik lebih tua dari usia sebenarnya. 

Para pekerja di Inggris misalnya, memiliki tubuh yang usianya empat tahun lebih tua dari usianya. Ini terjadi karena pola makan buruk dan kurangnya olahraga. Bukan hanya itu, gaya hidup seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan pesta makan, jika digabungkan dengan stres mampu mempercepat penuaan alami tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan asuransi kesehatan swasta, PruHealth dan Vitality, mengatakan bahwa dewasa ini rata-rata orang mengalami kondisi tubuh yang usianya lebih tua empat tahun, 37 hari.

Bukan hanya gaya hidup yang mempengaruhi proses penuaan, penelitian ini juga menemukan korelasi antara pendapatan dan kesehatan. Mereka yang memiliki gaji tinggi, dianggap memiliki usia kesehatan dua tahun lebih muda dibanding mereka dengan gaji rendah.