Pemilu di Papua

Masyarakat Papua Antusias Ikut Pemilu

VIVAnews - Papua jadi salah satu daerah yang paling awal menyelenggarakan pemilu legislatif 2008. Pukul 07.00 waktu setempat atau pukul 05.00 WIB, masyarakat Papua sudah bisa memberikan hak suaranya di tempat-tempat pemungutan suara.

"Saat ini masyarakat Papua tengah menuju tempat pemungutan suara (TPS) memberikan suaranya," kata Kepala Kepolisian Papua, Inspektur Jenderal Bagus Ekodanto kepada VIVAnews, Kamis 9 April 2009.

Menurut Kapolda insiden tadi malam sampai saat ini belum mempengaruhi antusiasme masyarakat mengikuti pemilu. "Apa yang terjadi semalam, penyerangan polsek sampai saat ini belum berdampak terhadap pelaksanaan pemilu," tambah Kapolda. Dia berharap situasi kondusif di Papua bisa terjaga.

Secara terpisah, warga Papua, Aloysius Rahawarin mengatakan saat ini masyarakat sedang bersiap-siap memberikan hak pilihnya. Insiden semalam, tambah dia, belum berpengaruh. "Sebagai masyarakat Papua saya berharap pemilu kali ini bisa mengubah nasib Papua menjadi lebih baik," kata dia kepada VIVAnews, pagi ini.

Sebelumnya, tiga kejadian berturut terjadi di Papua di malam menjelang pemilu. Selain pembakaran Universitas Cenderawasih, Kepolisian Sektor Abepura, Jayapura juga  diserang massa hingga menewaskan satu warga. Depo Pertamina di Keluarahan Saramon, Biak, Papua juga terbakar sekitar pukul 22.15 waktu setempat, satu balita tewas dalam kejadian tersebut.

Meski membenarkan ada upaya  Tentara Pembebasan Nasional (TPN) dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk menggagalkan pemilu, Kepolisian Papua belum bisa memastikan bahwa organisasi separatis tersebut ada di balik tiga kejadian itu.

Sebelumnya beredar SMS teror pada masyarakat Papua yang berisi ancaman akan ada serangan di malam pemilu pada Rabu 8 April 2009. Sasarannya warga pendatang dan kantor Markas TNI-Polri di Kabupaten Jayapura. Pada hari yang sama, tiga bom rakitan di temukan di bawah jembatan Muara Tami perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.

Indonesia ke Perempat Final Uber Cup 2024, Ester Minta Maaf, Komang Ayu Senang
Nikita Mirzani

Rizky Irmansyah Belum Minta Maaf, Nikita Mirzani: Harusnya Dia Bersyukur Dapet Gue

Bukan kali pertama bagi Nikita Mirzani berpisah dari pasangan karena sebelumnya sempat menikah beberapa kali, namun hubungan asmara yang terakhir kali ini cukup berkesan.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024