Lima Fakta Tentang Sushi

VIVAnews – Anda penggila sushi dan sashimi? Makanan asal Jepang yang banyak menggunakan bahan seafood mentah ini sudah mendunia dan memiliki penggemar fanatik. Meskipun mentah sushi memiliki rasa unik yang eksotis.

Tapi perdebatan tentang sehat atau tidaknya sushi masih sering terjadi. Para penggemar sushi sangat yakin sushi sehat karena kandungan protein dan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. 

Sebaliknya, sushi juga dianggap kurang sehat karena menggunakan ikan mentah. Padahal, ikan mentah berisiko mengandung bakteri yang sangat tinggi.

Kontroversi itu terbantahkan dengan cara pengolahan sushi yang benar. Di Jepang, hanya chef khusus bersertifikat yang bisa mengolah sushi dan sashimi.

Agar Anda merasa aman saat menyantap sushi favorit Anda, sebaiknya ketahui fakta-fakta berikut ini.

Kandungan merkuri tinggi
Beberapa jenis ikan, termasuk salmon dan tuna yang banyak dipakai untuk bahan sushi, memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Jadi sebaiknya jangan makan terlalu banyak ikan-ikan tersebut. Anjuran konsumsi ikan laut sebaiknya tidak lebih dari 150 gram per minggu.

Selain kandungan merkuri yang tinggi, ikan-ikan tersebut juga berlemak tinggi. Ikan berlemak tinggi hanya dianjurkan diasup maksimal 600 gram per minggu.