Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Bahan bahan untuk membuat kaldu
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA – Mengkonsumsi kaldu yang terbuat dari bahan alami, seperti tulang ayam, tulang sapi bahkan tulang kambing ditambah bumbu dan rempah diyakini bisa memberikan kesegaran. Selain nikmat disantap, kaldu juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Terpopuler: Ini yang Terjadi Jika Wanita Konsumsi Viagra, Waktu Tidur Bisa Pengaruhi Kondisi Mental

Bicara soal kaldu, melaui Instagram pribadinya, praktisi herbal dan penggagas jurus sehat Rasulullah, dr. Zaidul Akbar juga mengungkapkan bahwa kaldu yang terbuat dari bahan alami bisa memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan. dr. Zaidul Akbar bahkan mengunggah video berisi resep membuat kaldu yang baik untuk kesehatan.

Dari video yang dibagikan, tampak memperlihatkan proses pembuatan kaldu. Bahan-bahan yang digunakan sebagai berikut:

Terpopuler: 5 Hal Bikin Wanita Mudah Horny hingga Kisah Pendeta Brian Jadi Minoritas di Indonesia
  1. Bawang Putih
  2. Bawang Bombay
  3. Jahe
  4. Kunyit,
  5. Daun bawang
  6. Wortel
  7. Cabe
  8. Bonggol sawi
  9. Bonggol adas
  10. Daun seledri
  11. Daun ketumbar
  12. Daun adas
  13. Lada hitam
  14. Paha ayam

Cara Membuat

Banyak Salah Kaprah Soal Ilmu Parenting, Zaidul Akbar: Yang Bermasalah Orangtua Bukan Anak

Langkah pertama adalah panaskan sedikit minyak di dalam panci, kemudian masukan kunyit dan jahe yang sudah dipotong-potong. Setelah itu, masukan bawang bombay, bawang putih, sawi, daun bawang, lobak, dan wortel yang sudah dipotong-potong dan aduk rata.

Setelah itu, masukan lada hitam dan garam. Tambahkan air secukupnya dan masukan ayam. Setelah itu, masukan daun adas, selederi, dan daun ketumbar. Masak hingga airnya berubah menjadi kaldu yang siap disantap.

Melalui caption yang ditulis dalam unggahannya itu,  dr. Zaidul Akbar membocorkan bahwa kaldu memiliki banyak manfaat kesehatan. "Resep kaldu ini sangat baik untuk : menguatkan tulang dan otot, mengencangkan kulit, memperbaiki saluran pencernaan, menguatkan jantung, menguatkan otak, meningkatkan tumbuh kembang anak, dan meningkatkan kekebalan tubuh," tulis dr. Zaidul Akbar dikutip VIVA, Minggu, 28 April 2024.

Kemudian, dr. Zaidul Akbar juga menjelaskan bahwa dagingnya bisa diganti dengan kaki kambing atau sapi,  yang kemudian dimasak dengan api kecil selama 8 sampai 16 jam hingga kolagennya keluar dengan optimal.

"Dagingnya bisa diganti kaki kambing atau sapi, idealnya kaIau pakai kaki kambing atau sapi tadi dimasak di api kecil 8-16 jam, baru keluar kolagennya secara optimal.. Setelahnya nanti disaring aja, dan bisa disimpan di kulkas lebihnya," tulis dr. Zaidul Akbar.

"Diminumnya sehari ya 100c bagi orang tua yang mengalami keropos tulang atau sendi, bisa dicampur ke makanan atau lauk lainnya juga," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya