Qatar Terancam Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Desain stadion Piala Dunia Qatar 2022
Sumber :
  • http://www.qatar.to
VIVAbola - Wakil Presiden FIFA, Jim Boyce, tidak menjamin posisi Qatar akan aman sebagai tuan rumah  Piala Dunia 2022 mendatang. FIFA sedang menelusuri dugaan suap yang terjadi di dalam FA Qatar terkait proses bidding tuan rumah Piala Dunia 2022.
Rusia & Qatar Terancam Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Saat ini, tim investigasi FIFA tengah menyelidiki dugaan terjadinya suap di dalam sepakbola Qatar. Salah satu anggota tim investigasi, Michael J Garcia, akan menemui Panitia Bidding Piala Dunia 2022, pekan ini. 
Kepolisian Swiss Cium Keanehan di Piala Dunia Rusia & Qatar

Pertemuan diselenggarakan, karena Garcia menemukan fakta mencurigakan terkait proses bidding untuk Piala Dunia 2022.
Gosip Kencang Guardiola Bakal Latih Timnas Qatar

"Komite Eksekutif (Exco) FIFA mendukung penuh langkah Garcia untuk menyelidiki kasus ini. Sebagai salah satu anggota Exco, saya bisa merekomendasikan untuk digelar bidding ulang terkait tuan rumah Piala Dunia 2022," kata Boyce kepad BBC Radio 5.

Beberapa waktu lalu, Sunday Times merilis sebuah dokumen mencurigakan yang ditandatangani mantan Exco FIFA asal Qatar, Mohamed bin Hammam. Dalam dokumen itu, ada nota pembayaran sebesar US$5 juta kepada beberapa federasi sepakbola Afrika untuk memberikan dukungan kepada Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Selain nota pembayaran, ada sebuah dokumen yang menyebutkan bahwa federasi-federasi yang menerima aliran dana itu harus memberikan suaranya untuk Qatar agar bisa ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang.

Sebelumnya, Bin Hamam juga sempat mengalirkan sejumlah uang kepada mantan Exco FIFA asal Trinidad & Tobago, Jack Warner. Uang senilai lebih dari US$1,6 juta ditransfer Bin Hamam melalui rekening pribadinya kepada Warner. Tindakan ini juga dicurigai sebagai salah satu bentuk suap yang dilakukan FA Qatar jelang proses bidding.

Baca berita menarik lainnya dengan mengklik tautan ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya