5 Pemain Afrika Terbaik di Piala Dunia 2014

Gervinho saat mendapat kawalan dari pemain Jepang.
Sumber :
  • REUTERS
VIVAbola - Benua Afrika gagal mengirimkan satu wakil pun di babak 8 besar Piala Dunia 2014 setelah Nigeria tersingkir oleh Prancis, dan Aljazair didepak timnas Jerman. Namun, ada beberapa nama yang mendapat catatan khusus setelah dianggap tampil apik di sepanjang turnamen.
Pengorbanan 'Zidane Nigeria' demi Tampil di Olimpiade

Seperti dilansir allafrica.com, ada lima pemain dari Benua Hitam yang mampu menjadi daya tarik di Brasil meski gagal mengantarkan negaranya ke babak perempatfinal. Nah, berikut ini 5 pemain Afrika yang mampu menjadi bintang hingga babak 16 besar:
Alasan Bintang Muda Arsenal Pilih Nigeria Ketimbang Inggris
Pantai Gading vs Jepang 2-1
1. Gervinho (Pantai Gading)
Bela Timnas, Bintang Arsenal Keracunan Makanan
Mantan penyerang Arsenal ini seakan terlahir kembali setelah sukses menjadi tumpuan Pantai Gading. Pemain yang kini membela AS Roma ini berhasil mencetak dua gol, termasuk satu gol penentu kemenangan Pantai Gading atas Jepang. Gervinho juga mencetak gol indah saat Pantai Gading ditekuk Kolombia 1-2. 

Kiper Timnas Nigeria, Vincent Enyeama

2. Vincent Enyeama (Nigeria)
Kiper Nigeria ini mampu menjadi tembok kokoh di bawah mistar gawang. Enyeama menjadi salah satu kunci keberhasilan Nigeria melangkah ke fase knock out. Sayangnya, di partai hidup dan mati melawan Prancis, Enyeama justru membuat beberapa kesalahan sehingga Nigeria harus menelan kekalahan 0-2. 

Nigeria vs Argentina Piala Dunia 2014
3. Ahmed Musa (Nigeria)
Sebenarnya nama Musa tak diprediksi akan menjadi tumpuan lini depan Nigeria. Tim berjuluk Super Eagles ini punya sosok Emmanuel Emenike yang diprediksi akan menjadi tumpuan lini depan Nigeria.
Namun, justru Ahmed Musa yang tampil lebih menonjol. Musa mencetak dua gol saat Nigeria dikalahkan Argentina 2-3 di fase grup. Striker 21 tahun ini juga sempat merepotkan barisan pertahanan Prancis di babak 16 besar. 

Ghana vs Jerman Piala Dunia 2014
4. Andre Ayew (Ghana)
Andre Ayew juga tak diprediksi akan menjadi tumpuan mencetak gol bagi Ghana. Pasalnya, Ghana memiliki sosok Asamoah Gyan yang begitu sentral di barisan depan. Namun, Ayew berhasil membuktikan kelasnya lewat dua gol yang dicetaknya ke gawang Amerika Serikat dan Jerman. Pemain 24 tahun ini justru menjadi pemimpin di skuad The Black Stars. 

Korea Selatan vs Aljazair Piala Dunia 2014
5. Islam Slimani (Aljazair)
Banyak orang Aljazair yang tak menduga tim kesayangannya akan melaju hingga babak 16 besar. Namun, jika melihat sepak terjang Islam Slimani, tentu keberhasilan skuad Vahid Halihodzic ini bukan kebetulan.
Slimani mampu menjadi momok di pertahanan lawan, termasuk saat Aljazair menggilas Korea Selatan 4-2 di fase grup. Bukan hanya jago mencetak gol, Slimani juga menjadi pengumpan ulung bagi Aljazair. 
(one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya