FIFA Berencana Tambah Jumlah Pergantian Pemain

Chile Tersingkir Lewat Drama Adu Penalti Lawan Brasil
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVAbola – FIFA dikabarkan bakal menggodok peraturan baru tentang kemungkinan menambah jumlah pemain pengganti yang bisa diturunkan. Jika sebelumnya hanya tiga pemain pengganti yang boleh dimasukkan, jumlahnya bertambah menjadi empat pemain.

Namun, memasukkan pemain pengganti keempat harus dengan sejumlah catatan. Salah satunya, tim baru boleh menurunkan pemain pengganti keempat mereka bila pertandingan berlanjut sampai babak perpanjangan waktu.

Seperti dilansir 101greatgoals, munculnya wacana peraturan baru ini tak terlepas dari banyaknya pertandingan di fase knockout Piala Dunia 2014 yang berlangsung sampai babak perpanjangan waktu. FIFA khawatir permainan dengan intensitas tinggi yang berlangsung 120 menit bisa mencederai pemain.

Para pemain pengganti memainkan peran besar di Piala Dunia 2014, di mana telah tercipta 29 gol hingga babak 16 besar yang dihasilkan oleh mereka. Belgia menjadi contoh paling nyata ketika semua kemenangan yang mereka raih dibantu oleh pemain pengganti. 

Bukan tak mungkin peraturan tentang penambahan jumlah pemain pengganti ini sudah bisa berlaku di Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun, rencana perubahan peraturan ini mendapat tentangan dari anggota kelompok studi teknis FIFA,  Gerrard Houlier, yang juga mantan manajer Liverpool. (one)

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

Lihat berita menarik lainnya di sini

Logo di markas FIFA

Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?

Penjualan Chelsea oleh Roman Abramovich tidak bisa terealisasi, karena pemerintah Inggris akan memblokir seluruh transaksi. Nah, ke mana FIFA di saat seperti ini?

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022