Intervensi Pemerintah Bikin Nigeria Disanksi FIFA

Timnas Nigeria
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVAbola - Komite Darurat FIFA telah memutuskan pada 9 Juli 2014, untuk menangguhkan Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) dengan segera, karena adanya campur tangan pemerintah. Langkah ini dilakukan setelah adanya pembubaran komite eksekutif NFF oleh pemerintah Nigeria.

Setelah Nigeria tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2014, Menteri Olahraga Nigeria, Tamuno Danagog, memaksa menempatkan seorang pegawai negara senior untuk mengisi kursi kepemimpinan NFF. Selain itu, ada penahanan Presiden NFF, Aminu Maigari, oleh Dstate Security Service.

Dalam Pasal 13 ayat 1 dan pasal 17 ayat 1 dari Statuta FIFA mewajibkan asosiasi anggota untuk mengelola urusan mereka secara independen dan tanpa pengaruh dari pihak ketiga. Apa yang dilakukan Nigeria melanggar ketentuan Statuta FIFA dan induk sepak bola dunia itu pun menjatuhkan sanksi kepada NFF.

Selama dalam masa hukuman, maka tidak ada tim dari Nigeria, baik timnas atau klub, yang dapat bersaing dengan negara lain, bahkan dalam pertandingan persahabatan sekalipun. Suspensi akan dicabut setelah tindakan pengadilan telah ditarik dan Komite Eksekutif NFF yang dipilih dengan benar, majelis umum NFF dan administrasi NFF mampu bekerja tanpa campur tangan dalam urusan mereka.

“Keputusan dibuat menyusul surat yang dikirim oleh FIFA kepada NFF pada 4 Juli 2014, menyatakan keprihatinan yang besar setelah adanya perintah pemberhentian Presiden NFF, anggota Komite Eksekutif NFF, dan Kongres NFF, dari menjalankan urusan sepakbola Nigeria, diberikan oleh Pengadilan Tinggi Republik Federal Nigeria,” tulis pernyataan yang dikeluarkan FIFA, seperti dilansir situs resmi FIFA.

“Perintah pengadilan menyebutkan; memaksa Menteri Olahraga Nigeria untuk menunjuk seorang anggota senior dari layanan sipil untuk mengelola NFF sampaiada dengar pendapat di pengadilan, tanpa memberikan tanggal untuk sidang semacam ini,” lanjut pernyataan itu. 

"Pihak berwenang kemudian menunjuk orang yang memutuskan untuk mengadakan sidang umum luar biasa pada tanggal 5 Juli 2014. Sidang umum luar biasa yang diselenggarakan ini melanggar statuta NFF. Awalnya, kongres elektif telah direncanakan oleh NFF akan berlangsung pada 26 Agustus 2014,” demikian pernyataan FIFA. 

Komite Darurat FIFA menambahkan, tim nasional Nigeria atau klub negara tersebut akan tidak diizinkan berpartisipasi di kompetisi regional atau internasional sampai situasi ini diselessaikan. Imbasnya, Nigeria dilarang ikut berkiprah di Piala Dunia Wanita U-20, kecuali sanksi itu dicabut sebelum 15 Juli 2014.

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

Lihat berita menarik lain klik di sini

Logo di markas FIFA

Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?

Penjualan Chelsea oleh Roman Abramovich tidak bisa terealisasi, karena pemerintah Inggris akan memblokir seluruh transaksi. Nah, ke mana FIFA di saat seperti ini?

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022