Menilik 9 Tempat Penting di Serial Mahabharata

Lokasi syuting serial Mahabharata
Sumber :
  • Dok. ANTV

VIVAlife - Tak hanya tokoh-tokoh penting yang bisa disaksikan di serial Mahabharata. Beberapa tempat atau latar belakang serial berdurasi setengah jam itu juga layak disoroti.

Apa saja tempat menarik di Mahabharata itu?

1. Hastinapura

Kerajaan Hastinapura menjadi perhatian para penonton Mahabharata, karena di sini awal pertama konflik antara Pandawa Lima dan Kurawa. Para Pandawa Lima dan Kurawa cilik pun memulai hidup di kerajaan ini.

Dipimpin raja Destarasta, para Pandawa Lima merasa tak memperoleh keadilan. Mereka pun sering dirugikan dengan kebijakan yang diberikan ayah Duryodhana itu.

Pandawa Lima pun memilih mengalah dengan keluar dari Hastinapura dan mendirikan kerajaan baru, yakni Indraprasta.

2. Indraprasta

Menurut kitab Mahabharata, konon Kandawaprastha merupakan ibu kota kerajaan besar di India pada zaman dahulu kala, dan diperintah oleh para leluhur Pandawa dan Kurawa. Misalnya: Maharaja Pururawa, Nahusa, dan Yayati.

Saat diberikan kepada Pandawa, kota Kandawaprastha merupakan kota yang sangat gersang dan tidak subur. Melihat keadaan itu, Sri Kresna memanggil Indra, pemimpin para Dewa, untuk membantu Yudistira memperbaiki keadaan negeri tersebut.

Dewa Indra memunculkan Wiswakarman, arsitek para Dewa yang merancang kota megah. Dengan suatu upacara, Wiswakarman berhasil mengusir segala penyakit di negeri tersebut dan menyuburkan kembali daerah yang gersang.

Sesuai janji Kresna, Kandawaprastha akan diberi nama Indraprastha jika Indra mampu mengubah keadaan Kandawaprastha. Perlahan-lahan kota tersebut menjadi kota yang makmur dan berduyun-duyun orang-orang dari negeri tetangga bermigrasi ke negeri baru tersebut. Kota Indraprastha pun menjadi kota besar. Setelah Yudistira naik tahta, kota Indraprastha tetap mendapat pengawasan dari Hastinapura.

3. Gandhara

Kerajaan Gandhara berlangsung sejak Periode Weda (sekitar 1500-500 SM) hingga abad ke-11 M. Kerajaan ini menjadi pusat seni rupa Buddha, yang mencapai puncaknya pada kurun abad pertama Masehi sampai abad ke-5 M pada masa pemerintahan raja-raja Kushan.

Raja Gandhara, Sangkuni, merupakan akar dari segala konspirasi mengenai pertentangan antara Duryodana dan para Pandawa, yang berakibat meletusnya perang di Kurukshetra. Dalam serial Mahabharata ini, kerajaan ini turut berpartisipasi dalam perang di Kurukshetra dan memihak Duryodana.

4. Kosala

Kosala adalah nama sebuah kerajaan kuna di India yang namanya tercatat dalam kisah wiracarita Ramayana dan Mahabharata. Kerajaan ini beribu kota di Ayodhya, dan merupakan tempat kelahiran Sri Rama, seorang awatara Wisnu. Dalam pewayangan Jawa, Kerajaan Kosala lebih sering disebut dengan nama Kerajaan Ayodya.

Dalam kisah Mahabharata, dikisahkan seorang raja Kosala bernama Brihadbala ikut bertempur di pihak Korawa dalam perang di Kurukshetra atau Baratayuda. Ia gugur pada hari ke-13 di tangan Abimanyu putra Arjuna dari keluarga Pandawa.

5. Angga

Angga adalah kerajaan yang dipimpin oleh penguasa yang tidak menganut ajaran Veda. Kerajaan Angga muncul dalam kisah epik India yaitu Ramayana dan Mahabharata. Dalam Ramayana, Raja Lomapada dari Anga merupakan teman dari Raja Dasarata dari Kosala.

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Dalam Mahabharata, Duryodana menetapkan Karna sebagai raja di Angga. Dipercaya bahwa ada banyak raja memerintah bagian yang berbeda-beda dari Kerajaan Angga. Champapuri merupakan ibukota Angga ketika dipimpin oleh Karna.

6. Madra

Salah satu kerajaan kuna yang berada di wilayah India Barat dan muncul dalam kisah Mahabharata. Ibukotanya bernama Sagala, dan pada masa sekarang diklaim sebagai Sialkot, di provinsi Punjab,Pakistan.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

7. Dwaraka

Sebuah kerajaan yang didirikan wangsa Yadawa setelah melepaskan diri dari Kerajaan Surasena karena diserbu oleh raja Jarasanda dari Magadha. Kerajaan ini diperintah oleh Krishna Wasudewa selama zaman Dwapara Yuga.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Wilayah Kerajaan Dwaraka meliputi Pulau Dwaraka, dan beberapa pulau tetangga seperti Antar Dwipa, dan sebagian wilayahnya berada di darat dan berbatasan dengan negeri tetangga yaitu Kerajaan Anarta.

Wilayah tersebut terlihat seperti negara Yunani yaitu negeri dengan pulau-pulau kecil dan sebagian berupa wilayah daratan. Kerajaan Dwaraka kira-kira terletak di sebelah Barat Laut Gujarat. Ibukotanya bernama Dwarawati.

8. Wirata

Tempat ini adalah bagian keempat dari epos Mahabarata. Menceritakan kisah ketika para Pandawa harus bersembunyi selama setahun lagi dengan menyamar tanpa ketahuan, setelah mereka dibuang selama 12 tahun di hutan gara-gara kalah berjudi dengan Korawa.

Kisah pembuangan di hutan ini diceritakan dalam bagian Wanaparwa. Maka para Pandawa bersembunyi di kerajaan Wirata. Jika mereka ketahuan maka harus dibuang selama 12 tahun lagi.

9. Panchala

Luasnya dari Himalaya di utara sungai Charmanwati, dengan Kuru, Surasena dan Matsya kerajaan di sebelah barat dan Naimisha Hutan ke timur. Panchala dibagi menjadi Selatan, berpusat di Kampilya, diperintah oleh Raja Drupada, ayah tiri Pandawa, dan Utara, berpusat di Ahichatra, diperintah oleh Ashwathama, putra Drona. Sungai Gangga memisahkan kedua Panchala. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya