Kebutuhan Gas PLN Naik 100 Persen di 2019

Pelabuhan LNG Arun
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad
VIVAnews - Kepala Divisi Gas dan Bahan Bakar Minyak PT PLN (Persero), Suryadi Mardjoeki, mengungkapkan kebutuhan bahan bakar gas (BBG) guna memenuhi kebutuhan pembangkit akan meningkat hampir 100 persen pada 2019. Porsi penggunaan liquified natural gas (LNG) juga akan lebih besar nantinya.
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi

Di kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Selasa 13 Januari 2015, dia mengatakan, peningkatan kebutuhan tersebut untuk memasok pembangkit listrik baru, sesuai dengan target pemerintah untuk meningkatkan rasio kelistrikan.
Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

"Saat ini kebutuhan gas PLN sebesar 1.250 BPTUD (hitungan kuantitas gas) di mana komposisinya LNG 25 persen. Tahun ini LNG komposisinya naik jadi 30 persen, sehingga dominan nantinya," ungkapnya.
Krisis Listrik, Pemerintah Sumut Gandeng Tiongkok

PLN, menurutnya, ditargetkan membangun pembangkit listrik 41 ribu megawatt (MW), sebesar 12 ribu MW di antaranya berbahan bakar gas hingga 2019.

"Total lima tahun ke depan kebutuhannya 2.350 BPTUD," tambahnya.

Dia mengatakan, komposisi penggunaan LNG akan meningkat menjadi 60 persen dari total kebutuhan pada 2019. Sementara itu, penggunaan gas pipa akan berkurang menjadi 40 persen.

"Karena gas pipa kemungkinan produksinya akan berkurang," tegasnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya