Jokowi Beri Tips Ini ke Para Bupati

Visi Pembangunan Indonesia
Sumber :
  • Antara/Andika Wahyu
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Presiden Joko Widodo mengumpulkan 101 bupati di seluruh Sumatera pada Kamis 22 Januari 2015, di Istana Bogor, Jawa Barat.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

Dalam dialog itu, Jokowi menekankan pentingnya pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Sebab, daerah adalah tumpuan pertumbuhan ekonomi nasional.
Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi


"Itu poin penting sekali, karena apa pun namanya pertumbuhan nasional itu, berangkatnya dari pertumbuhan ekonomi daerah, dan saya tekankan sangat pentingnya inflasi," kata Jokowi, di sela-sela pertemuan itu.


Menurut dia, jika target pertumbuhan ekonomi 5,8 persen tercapai, tetapi inflasi mencapai delapan persen, pertumbuhan itu tak akan ada artinya.


Untuk itu, dalam konsolidasi ini, Jokowi memberikan trik praktis untuk menekan inflasi di daerah lewat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).


"Apa yang dilakukan, apa yang harus dikerjakan, siapa yang didatangi, dengan cara apa inflasi ditekan. Itu tadi juga disampaikan," ujar dia.


Kemudian, Jokowi juga menekankan pelayanan publik, terutama perizinan, sehingga bisa mempercepat proses investasi di daerah.


"Tetapi, kami juga tekankan investasi apa yang didorong secara detail. Saya sampaikan mengenai itu," ujar dia.


Kemudian, Jokowi juga menekankan soal penyerapan anggaran, baik di tingkat nasional maupun daerah akan sangat memengaruhi pertumbuhan ekonomi.


"Sehingga dalam merealisasikan program, itu betul-betul diikuti per hari, per minggu, per bulan, jangan sampai realisasinya nanti kurang dari target, atau rendah," kata dia.


Menurut Jokowi, target pertumbuhan ekonomi 5,8 persen ini adalah target yang realistis. Jika itu tercapai, itu bisa dikatakan sebagai prestasi.


"Negara lain mengurangi, kami kan menambah, sekarang kan 5,1 persen, kalau nanti bisa jadi 5,6-5,8 persen, saya kira prestasi. Lihat semuanya mengurangi, Tiongkok, India, semua mengurangi," lanjutnya. (asp)



Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya