Menilik Danau Paling Romantis di Dunia

Danau Retba, Senegal
Sumber :
  • www.lakeretba.com

VIVA.co.id – Jelang hari Kasih Sayang, banyak pasangan yang mencari tujuan wisata spesial untuk berlibur bersama. Jika bosan dengan destinasi yang itu-itu saja, coba berkunjung ke Danau Retba di Senegal.

Danau yang kerap disebut sebagai Danau Mawar itu memang romantis. Bagaimana tidak, airnya saja berwarna merah muda, seperti bunga mawar pink yang menjadi simbol cinta kasih. Warna itu juga yang membuat danau tersebut dikenal sebagai salah satu destinasi paling romantis di dunia.

Melansir laman resmi www.lakeretba.com, menuju ke lokasi romantis itu pun terbilang mudah. Danau Retba hanya satu jam perjalanan dari Ibu Kota Senegal, Dakkar.

Adapun, warna pink danau tersebut bukan dikarenakan banyaknya kelopak mawar, melainkan disebabkan alga bernama Dunaliella salina yang tertarik berkembang biak di air asin.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Ya, Danau Retba memang punya tingkat salinitas atau kadar garam yang tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dengan Laut Mati, danau pink itu punya kadar garam yang jauh lebih tinggi, di musim kemarau.

Alga itu akan mengeluarkan pigmen merah guna menangkap sinar matahari, karenanya, warna unik Danau Retba akan semakin pekat saat musim kemarau, sekitar bulan November hingga Juni. Warnanya akan memudar saat musim hujan sekitar bulan Juli hingga Oktober.

Selain sebagai lokasi wisata, Danau Retba juga menjadi lokasi mata pencaharian penting bagi warga Senegal. Biasanya mereka menambang garam, untuk kemudian diekspor. Tercatat, hampir 3.000 warga Senegal berprofesi sebagai penambang garam.

Bagi mereka yang hobi memancing, Danau Retba juga bisa jadi lokasi pemancingan yang unik. Pasalnya, ikan yang hidup di danau tersebut sudah beradaptasi dengan tingkat garam yang tinggi pada air.

Namun, soal ukuran, ikan-ikan di Danau Retba jauh lebih imut dibandingkan dengan ikan yang hidup di danau dengan kadar garam normal. Hal tersebut akibat proses adaptasi yang disebut kerdil-garam.

Baca juga:

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang



Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024