Serunya Pembukaan Festival Film Berlin 2015 (I)

Festival Film Berlinale 2015
Sumber :
  • VIVA / Miranti Hirschmann

VIVA.co.id - Karpet merah Festival Film Berlin atau Berlinale kembali digelar untuk ke 65 kalinya. Pembukaan festival ini diresmikan Kamis, 5 Februari 2015 di venue utama Berlinale. Bintang film dunia yang tampak menapaki karpet merah Berlinale Palast di antaranya James Franco, Juliette Binoche, Werner Herzog, Christoph Waltz, Heike Makatsch, dan Tom Tykwer.
 
Kali ini, bintang film Ukraina, Olga Kurylenko, bintang film Prancis, Audrey Tautou, dan sutradara Amerika Serikat (AS) Joshua Oppenheimer, juga tampil di panggung pembukaan Berlinale sebagai juri. Mereka duduk bersama direktur Berlinale, Dieter Kosslick.

James Franco menjadi salah satu bintang tamu dalam Berlinale. Tiga film yang ia bintangi juga akan diputar di sini. Dua film dalam Kompetisi: Everything Will Be Fine (Wim Wanders), Queen of The Dessert (Werner Herzog)  dan satunya di seksi Panorama Special, I am Michael (Justin Kelly).

Film Gunung Kelud Bikin Tertawa Penonton Festival di Jerman

Aktris Cate Blanchett juga membintangi dua film yang masuk dalam Berlinale (out of Competition) yaitu Cinderella (Kenneth Branagh) dan Knight of Cups (Terrence Malick).

Film yang diputar pada malam gala peresmian festival ini adalah Nadiequiere la noche (Nobody Wants The Night) arahan sutradara Isabel Coixet. Film ini berkisah tentang perjalanan istri tokoh penjelajah Kutub Utara asal AS,  Josephine Peary (diperankan Juliette Binoche) pada tahun 1908.  

Dalam perjalanan menentang kerasnya alam kutub utara,  mendekati titik lintang dan bujur nol, Josephine menemukan hal-hal yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya sebagai sosialita di Washington DC.

Kalimat pertama dalam film ini adalah, “Beruang es ku yang pertama!“ Itu teriakan Josephine Peary saat ia berhasil menembak seekor beruang kutub.

Beruang memang punya arti besar pada Berlinale. Logo Berlinale merupakan siluet beruang yang mirip logo kota Berlin. Begitu juga piala yang diperebutkan pada seksi Kompetisi Berlinale, berbentuk beruang emas.

Bersambung…

Baca juga:

Film Gunung Kelud Bikin Tertawa Penonton Festival di Jerman


Perjuangan Sineas Muda Indonesia demi Festival Film Berlin

Perjuangan Sineas Muda Indonesia Demi Festival Film Berlin

Ada tujuh sineas muda Indonesia yang mujur mendapat kesempatan ini

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2015