Serunya Pembukaan Festival Film Berlin 2015 (II)

James Franco
Sumber :
  • REUTERS/Stefanie Loos

VIVA.co.id – Berlinale, festival film di Jerman memang dikenal konsisten mengangkat tema tema politik, dampak perang, kemanusiaan, lingkungan dan LGBT. Ini membuat film maker dari seluruh dunia yang berada di luar konsep Hollywood, bersemangat untuk ikut seleksi di sana.

Di luar konsep Hollywood, bukan berarti film-film yang diputar di Berlinale membosankan. Buktinya "lulusan" Berlinale seperti The Act of Killing (sutradara: Joshua Oppenheimer) masuk dalam nominasi Piala Oscar 2014.

Film Gunung Kelud Bikin Tertawa Penonton Festival di Jerman

Begitu pula tahun ini, film Boyhood arahan sutradara Richard Linklater dan The Grand Budapest Hotel arahan Sutradara Wes Anderson, masuk dalam nominasi Piala Oscar. Kedua film ini masuk dalam Kompetisi Berlinale 2014.

Momen Berlinale Special tahun ini betul-betul terasa spesial. Sebab, film yang akan diputar sebagai International Premier, adalah adaptasi novel world best seller, 50 Shades of Grey. Selain itu, momen Berlinale Special juga akan memutar The Look of Silence arahan sutradara Joshua Oppenheimer.

Dalam acara ini, pemain film The Interview, James Franco menjadi salah satu bintang tamu. Ia datang seorang diri, dan berfoto dengan milik ramah untuk para fotografer di karpet merah. Tiga film yang ia bintangi juga akan diputar di sini, yakni Everything Will Be Fine, Queen of The Dessert, I am Michael.

O ya, tahun ini ada dua film pendek Indonesia yang masuk seleksi Film Pendek Berlinale. Lembu Sura arahan sutradara Wregas Bhanuteja dan Onomastika arahan sutradara Loeloe Hendra. Kedua sutradara muda ini dijadwalkan tiba di Berlin pada tanggal 7 Februari 2015.

Selain itu lima sineas muda Indonesia juga berhasil terpilih untuk ikut Berlinale Talent Campus. Mereka adalah Greg Arya, Tara Baso (pemeran Pendekar Tongkat Emas), Arifin Putra, Muhammad Rasidy Ariefiansyah dan Aditya Ahmad, yang meraih penghargaan khusus Generation Kplus Berlinale. Berlinale Talent Campus memiliki jadwal padat yang isinya berbagai diskusi, presentasi, workshop dan ekskursi ke studio film Jerman.

Baca juga:

Film Gunung Kelud Bikin Tertawa Penonton Festival di Jerman



Kembalinya Natalie Portman ke Layar Lebar

Perjuangan Sineas Muda Indonesia demi Festival Film Berlin

Perjuangan Sineas Muda Indonesia Demi Festival Film Berlin

Ada tujuh sineas muda Indonesia yang mujur mendapat kesempatan ini

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2015