PIP Dilikuidasi, Divestasi Saham Newmont Ditawarkan ke BUMN

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan
VIVA.co.id -
Menteri BUMN Masih Tertarik Beli Saham Newmont
DPR sepakat untuk melikuidasi Perusahaan Investasi Pemerintah (PIP) dan mengalihkan asetnya sebesar Rp18,3 triliun ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Bagaimana nasib divestasi tujuh persen saham PT Newmont Nusa Tenggara yang akan dilakukan PIP.

Presiden Dukung Arifin Panigoro Caplok Newmont

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro di gedung DPR, Jumat 13 Februari 2015, mengatakan, SMI merupakan perusahaan pembiayaan infrastruktur. Dengan demikian, divestasi saham Newmont tidak akan dialihkan ke SMI.
Bakal Akuisisi Newmont, Saham Medco Melonjak 13,58 Persen


"Karena lembaga pembiayaan infrastruktur fokus pada pemberian modal atau pinjaman kepada aktivitas infrastruktur. Itu Newmont tidak ada lagi, uangnya masuk ke pembiayaan infrastruktur," ujarnya.


Dia menegaskan, pemerintah belum menentukan tindak lanjut dari rencana tersebut. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan pemerintah untuk mewujudkan divestasi tersebut.


Salah satunya adalah kemungkinan penugasan pembelian saham tersebut akan dialihkan ke perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Kalau BUMN tertarik, silakan," tuturnya.


Sebelumnya, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, Hadiyanto mengungkapkan, karena likuidasi PIP, pemerintah akan meninjau kembali rencana divestasi saham Newmont.


Selain itu, akibat anjloknya harga komoditas internasional, kinerja salah satu perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia itu menurun. Hal tersebut juga menjadi pertimbangan tersendiri pemerintah. (art)


BACA JUGA:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya