Penyebab Rambut Rontok dan Solusinya

Rambut rontok.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Rambut rontok, adalah salah satu masalah yang membuat perempuan mana pun gigit jari. Rambut adalah faktor penting penunjang penampilan. Jika kesehatan dan kecantikannya tidak terjamin, penampilan bisa terganggu.

Daun Cabai Mampu Atasi Masalah Kulit

Tentunya, ini akan mengurangi rasa percaya diri. Rambut rontok, tidak terjadi secara alami. Ada beberapa faktor penyebabnya dan ada pula solusinya. Berikut, ulasan lengkapnya seperti dilansir dari Times of India:

Pola makan tak seimbang
Gaya hidup, bisa menjadi faktor utama dalam terjadinya rambut rontok. Dalam hal ini, pola makan yang tak teratur dan tak sehat adalah biang keladinya. Jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh, juga sedikit banyak memengaruhi kekuatan rambut kita. Solusi yang bisa dilakukan ialah dengan menjaga pola makan seimbang. Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi lengkap yang baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Stres berlebihan
Stres, juga bisa menyebabkan kerontokkan pada rambut Anda. Tekanan dan beban pikiran yang terlalu banyak bisa membuat rambut perlahan-lahan akan semakin menipis.

Untuk itu, beberapa kegiatan penghilang stres bisa dilakukan untuk mengembalikan kesehatan rambut dan kulit kepala hingga kembali normal. Lakukan kegiatan kegemaran, pergi ke tempat yang disukai, dan dengan musik yang Anda senangi. Hal-hal kecil seperti itu bisa menghilangkan stres dan perlahan akan menghentikan kerontokan pada rambut dan mengembalikan volume rambut seperti yang Anda inginkan.

Lingkungan
Faktor lingkungan, juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Dalam hal ini, penyebabnya ialah polusi udara dan kandungan kimiawi di udara luar. Hal tersebut, bisa menyebabkan rontok pada rambut, bukan hanya dalam jumlah sedikit, tetapi juga dalam jumlah banyak.

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh, kusam, hingga rontok. Solusi untuk permasalahan ini ialah dengan melindungi sebisa mungkin rambut dan kepala Anda, saat sedang berada di luar rumah. Gunakan payung, topi, atau penutup kepala lainnya saat berpergian. Hal ini, bisa menjadi cara pencegahan yang baik bagi kesehatan rambut Anda.

Hal penting lain yang bisa dilakukan untuk mencegah kerontokan dan kerusakan pada rambut ialah dengan selalu merawat dan menjaga kebersihannya. Perawatan untuk rambut, kini bisa dilakukan, bahkan tanpa harus ke salon. (asp)


Suka Dandan Menyeramkan, Wanita Ini Dianggap Aneh

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya