BI Rate Diprediksi Turun 7,5 Persen

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Kepala Ekonom Bank Rakyat Indonesia (BRI) Anggito Abimanyu memperkirakan, tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI) yang akan diumumkan Selasa, 17 Februari 2015, bakal turun  0,25 persen (25 bps) menjadi 7,50 persen.

"BI akan menurunkan BI rate sebesar 25 bps. BI rate ini kan disesuaikan atau adjust. Kalau dilihat attitude, biasanya BI preventive. Kalau dilihat attitude, maka BI akan cepat menyesuaikan deflasi," ujarnya di gedung BRI 1 Jakarta, Senin, 16 Februari 2015.

Menurutnya, selain penyesuaian kondisi ekonomi Indonesia yang mengalami deflasi, penyesuaian BI rate juga akan mempertimbangkan kemungkinan peningkatan suku bunga bank sentral AS (Fed Fund Rate/FFR) yang diperkirakan kenaikannya tidak akan setinggi dari rencana sebelumnya.

"Tahun ini ekonomi Indonesia akan mengalami transisi dari inflasi ke deflasi. Selain itu BI juga akan mempertimbangkan kenaikan the Fed yang kebaikannya tidak akan setinggi dari sebelumnya dan waktunya pun diundur dari bukan Juli jadi September 2015," tuturnya.

Kebijakan moneter BI ini akan diikuti bank-bank lain. Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan juga mengikuti suku bunga acuan sebagai jangkar pemodalan di Indonesia.‎ Namun, persoalanannya berapa lama terjadi, tergantung suku bunga penjaminan dan pengawasan OJK.

"Saya kira semua bank akan mengikuti, dimana otoritas memiliki kewenangan, sehingga akan diikuti," tuturnya.

Abimanyu menuturkan, rencana kenaikan BI rate akan dilaksanakan bulan ini atau bulan depan. Menurutnya, dengan dibawah kepemimpinan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, BI terkenal lebih responsif terhadap kondisi pasar.

"Jika tidak bulan ini, maka bulan depan BI Rate akan disesuaikan. Itu sudah dipahami oleh pasar. BI dibawah Pak Agus terkenal lebih responsif, kredibel dan memahami situasi ke depan," ujarnya.

Bank Dunia Nilai Suku Bunga BI Terlalu Tinggi

Baca juga:

Logo Bank Indonesia.

Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate

7 Days Repo Rate lebih efektif menekan suku bunga perbankan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016