Menguak Kisah Legenda di Pantai Lahilote

Pantai Laholote
Sumber :
  • jalanjalanyuk.com

VIVA.co.id - Indonesia kaya akan keindahan alamnya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia pun terkenal memiliki hamparan pantai indah. Bukan hanya Bali yang menjadi surga para pelancong. Saat Anda berkunjung ke Gorontalo, juga ada pantai cantik yang memiliki keindahan bagai di surga.

Pantainya bernama Lahilote. Pantai indah iniĀ  terletak di Kelurahan Pohe, Kecamatan Kota Selatan. Jaraknya kurang lebih 6 kilometer dari pusat kota Gorontalo.

Keindahan pantai ini tidaklah kalah dengan pantai yang ada di Bali. Pantai ini memiliki garis pantai yang melengkung menyerupai teluk dengan pemandangan menawan. Pantai ini juga memiliki latar belakang perbukitan hijau yang sedap dipandang mata juga dihiasi oleh hamparan pasir bersih dan air jernih.

Saat berada di pantai ini banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan seperti bersantai di bibir pantai sambil melihat ombak yang menyapu pasir pantai. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan kegiatan berenang, snorkeling, memancing dan berjalan-jalan menikmati keindahan pantai.

Pantai ini memiliki panorama yang menawan karena terdapat batu menyerupai telapak kaki dikenal sebagai Botu Liyodu Lei Lahilote. Konon telapak kaki tersebut milik seorang bernama Lahilote.

Keberadaan Botu Liyodu Lei Lahilote tidak lepas dari legenda Lahilote yang konon jatuh cinta pada bidadari cantik dari kayangan bernama Boyilode Hulawa. Dengan akal bulusnya untuk bisa menikahi bidadari tersebut, Lahilote mencuri sayap sang bidadari yang berbentuk selendang.

Singkat cerita sang bidadari tersebut menemui selendang yang dicuri lalu dia kembali ke kahyangan dan sang suami menyusulnya lalu mereka hidup bersama. Namun suatu ketika dia diminta untuk turun ke bumi karena telah mengalami penuaan.

Saat dia turun ternyata kecelakaan menimpanya karena tali yang digunakannya putus, dan ia pun jatuh ke bumi dalam posisi berdiri. Kaki kanannya jatuh di Pantai Pohe, sedangkan kaki kirinya jatuh di Pelabuhan Kwandang. (ren)

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Baca juga:

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Tempat berlibur petualang tentu berbeda dengan yang suka santai

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016