Harga Jual Lahan Industri 2015 Naik Jadi Rp2,3 Juta/Meter

Perluasan Kawasan Industri KIIC
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id -
Metland Menteng Pasarkan Rumah Tipe Baru
Meski nilai transaksi tanah industri tahun 2015 akan melambat, namun harga lahan justru makin meningkat. Diprediksi tahun ini harga tanah industri akan meningkat 15 persen tiap kuartal atau sekitar 20 persen per tahun.

Pengembang Malaysia Garap Properti di Maja Rp11,29 Triliun

Proyeksi harga tanah itu disampaikan oleh Peneliti dan Penasihat Senior di Cushman & Wakefield, Arief Raharjo. Dia memperkirakan harga jual rata-rata tanah industri akan menjadi Rp2,3 juta pada 2015 ini.
Sinar Mas Land Akan Bangun Hunian Elit di Batam


Kondisi itu ditengarai membuat transaksi permintaan tanah akan rendah. Akibatnya, sepanjang tahun ini penjualan kumulatif tanah industri tahun ini diprediksi menurun.


Sementara itu, Arief mengungkapkan, permintaan bersih tanah industri pada kuartal terakhir 2014 tumbuh hampir 75 hektar (ha). Bila dibanding permintaan periode sebelumnya, capaian kuartal IV-2014 naik sekitar 38 persen.


Mayoritas permintaan, kata Arief, masih berasal dari industri otomotif, terutama yang berasal dari Jepang. "Namun, rata-rata ukuran permintaan pada kuartal ini hanya sekitar 3,2 ha per transaksi, jauh dibawah besaran tahun 2011 atau 2012," tuturnya, Selasa 17 Februari 2015. (ren)


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya