Liburan Imlek, Pasokan Batu Bara Tiongkok Melimpah

Ilustrasi/Pekerja tambang batu bara
Sumber :
  • China Daily/REUTERS
VIVA.co.id -
Saham di Bursa-bursa Asia Rabu ini Dibuka Melemah
Menghadapi libur Tahun Baru, banyak perusahaan batu bara Tiongkok menghentikan kegiatan operasionalnya. Bahkan libur untuk merayakan festival musim semi itu bakal berlangsung satu pekan lebih.

Menanti Data Inflasi China, Bursa Asia Dibuka Naik

Melansir berita
Bursa Asia Dibuka Bervariasi Menanti Kebijakan BOJ
Shanghai Business Daily , Rabu, 18 Februari 2015, perusahaan batu bara yang punya rencana untuk menghentikan operasionalnya termasuk perusahaan di Mongolia dan Beijing.


Seseorang yang akrab dengan industri ini mengatakan, perusahaan besar memutuskan untuk menghentikan setengah fasilitas manufakturnya selama liburan. Sementara, perusahaan besar lain di Mongolia sudah menghentikan operasi sejak 17 Februari dan akan berlangsung hingga 1 Maret mendatang.


Wang Xufeng, analis industri batu bara di Shanxi Fenwei Energy Development and Consulting Company, mengungkapkan suspensi produksi itu berakibat pada lemahnya permintaan pasar. Penghentian operasi juga akan menambah tingkat persediaan batu bara.


Rencana penghentian operasional ini telah dihembuskan oleh 15 perusahaan batu bara pada pertengahan Januari lalu. Perusahaan-perusahaan itu antara lain, Shenhua Group, China Coal Company, dan Kailuan Group.


Suspensi produksi oleh 15 perusahaan batu bara besar, selama tujuh hari ini akan mengurangi produksi sebesar 20 juta ton dari 1 miliar ton total produksi tahunan.


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya