Libur Imlek, Pengunjung Objek Wisata Gunungkidul Melonjak

Goa bawah tanah ditemukan di Panggul, Semanu, Gunungkidul
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro

VIVA.co.id - Libur perayaan Tahun Baru Imlek dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke berbagai objek wisata yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan. Sedikitnya 13.700 pengunjung memadati berbagai objek wisata Gunungkidul, terutama wisata pantai dan wisata minat khusus.

"Hingga sore hari data wisatawan yang masuk sudah lebih dari 13.000 wisatawan, belum termasuk wisatawan yang masuk objek wisata Gua Pindul," ujar Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Pemkab Gunungkidul, DIY, Hari Sukmono, Kamis, 19 Februari 2015.

Menurut Hari, jumlah wisatawan ini meningkat sekitar 20 persen dibandingkan wisatawann yang datang pada hari biasa. "Untuk wisatawan yang berkunjung di akhir pekan rata-rata mencapai 9.000 pengunjung," kata Hari.

Ia pun meyakini, dengan kunjungan yang meningkat setiap akhir pekan dan libur, target Pendapatan Asli daerah (PAD) 2015 sebesar Rp15 miliar dari sektor pariwisata bisa terlampaui. Sebab, dilihat capaian pendapatan tahun 2014 yang hampir Rp15,5 miliar, jumlah kunjungan wisatawan hanya sekitar dua juta orang.

"Kami optimistis bisa tercapai. Selain pantai, lokasi wisata lainnya sudah ditarik retribusi," kata Hari.
 
Sementara itu, pengelola Pokdarwis Dewa Bejo, Subagyo mengatakan terjadi peningkatan pengunjung sebesar 30 persen saat libur Imlek.

"Memang ada peningkatan dibandingkan hari biasa," kata dia.

Wisata di Gunungkidul Bukan Hanya Pantai

Baca juga:

Kosakora

Kosakora, Puncak Keindahan Gunungkidul

Masyarakat setempat lebih mengenalnya dengan sebutan Bukit Ngrumput.

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2015