Keramas dengan Kondisoner Lebih Sehat?

Ilustrasi perlengkapan mandi dan kondisioner
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Rambut kering, kusam, mudah patah dan berketombe adalah hal umum yang kerap dikeluhkan wanita Indonesia. Kondisi iklim tropis memang punya pengaruh tersendiri bagi kesehatan rambut. Oleh karena itu merawat rambut dengan keramas saja sebenarnya tidak cukup. 

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Pasalnya, sampo justru bisa membuat helaian rambut lebih kering sehingga cenderung mudah rusak.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Salah satu cara paling praktis adalah menggunakan kondisioner setelah keramas. Pasalnya, kondisioner berfungsi melembabkan rambut sehingga tidak mudah kering dan patah. 

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Namun, sebuah situs kecantikan justru menyarankan menghentikan penggunaan sampo bagi pemilik rambut kering dan rusak, dan hanya menggunakan kondisioner untuk keramas. Dilansir laman The Coveteur, keramas menggunakan kondisioner atau lazim disebut co-washing kini tengah jadi buah bibir di kalangan narablog kecantikan. 

Alasannya, cara tersebut diklaim berhasil membuat rambut lembap dan halus. 

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Tren ini sebenarnya sudah dimulai cukup lama. Penata rambut selebritas Chaz Dean dianggap sebagai co-washing guru, memperkenalkan istilah tersebut pada 1993. "Sampo terbukti lebih merusak rambut, apalagi jika digunakan terlalu sering," ujar Dean, dilansir Huffington Post. 

Dean sendiri sudah tidak lagi menggunakan sampo selama 21 tahun. Dia menjelaskan, detergen dan pembersih kimia lain yang terkandung dalam sampo justru merusak lapisan pelindung rambut dan membuatnya kering.

"Oleh karena itu, Anda selalu disarankan menggunakan kondisioner setelah keramas. Lalu saya berpikir, mengapa tidak menggunakan kondisioner saja untuk keramas," katanya. 

Kondisioner, lanjut Dean, hanya memiliki sedikit pembersih kimia, sisanya adalah pelembap dan vitamin yang justru melindungi rambit dari kerusakan. Selain itu, kondisioner bisa digunakan untuk segala jenis rambut, dari helaian yang tipis seperti rambut bayi hingga rambut tebal bagai ijuk. 

Hasilnya, rambut bersih dan halus tanpa khawatir rontok dan patah. 

Dean menyarankan untuk mencoba co-washing selama dua minggu sebelum kembali menggunakan sampo. "Jika cocok, lanjutkan. Jika tidak, Anda bisa kembali menggunakan sampo dan kondisioner secara bersamaan," ujarnya.

Baca juga:

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya