Ditemukan Batu Akik Badar Perak Seberat 700 Kilogram

Batu akik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
VIVA.co.id
Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar
- Kontes batu akik Pagar Alam, Sumatera Selatan, mampu menyedot perhatian warga sekitar dan yang berada di Kabupaten Lahat. Dalam ajang tersebut, ditemukan bahan batu akik jenis badar perak senilai Rp300 juta dengan berat 700 kilogram.

Kopi Terakhir Pedagang Akik sebelum Lapaknya Digusur

Selain itu, momentum tersebut digunakan pedagang batu cincin untuk menggelar berbagai dagangannya, maupun bahan batu cincin, baik batu nasional serta aneka batu lokal Pagar Alam. Tak mengherankan, kontes ini langsung diserbu warga untuk membeli batu yang dijual oleh pedagang.
Tren Batu Akik Turun Drastis, Ada Apa?


Wali Kota Pagar Alam, Ida Fitriati, mengatakan, kontes yang digelar oleh pemerintah bersama komunitas akik tersebut bertujuan untuk mencari batu akik terbaik asal Kota Pagar Alam. Sekaligus, dia melanjutkan, untuk dikukuhkan namanya dan diharapkan bisa bersaing dengan akik lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.


"Selain untuk batu cincin, batu akik yang keluar sebagai pemenang akan dijadikan gelang, kalung, dan aneka cinderamata lainnya," tutur Ida, Senin 9 Maret 2015.


Untuk diketahui, ratusan jenis bahan batu akik dari berbagai wilayah di kota ini dilombakan. Panitia melombakan tiga kategori, yakni batu kristal, batu jenis badar, dan kelas bebas.


Adapun pelaksanaan kontes berlangsung di alun-alun selatan Kota Pagar Alam. Diikuti oleh ratusan peserta dengan membawa minimal satu kilogram bahan batu yang akan dilombakan. (art)


Irwansyah/Sumatera Selatan


![vivamore="
Baca Juga
:"][/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya