Jangan Goyang-goyang Mobil Saat Isi Bensin, Kenapa?

Aksi goyang-goyang mobil saat isi bensin.
Sumber :
  • www.pertamax7.com

VIVA.co.id - Menggoyang mobil saat isi bensin merupakan salah satu pemandangan aneh yang kerap kita temui di pom bensin. Tak hanya pengendara mobil, banyak pula pengendara motor melakukan hal sama, yakni menggoyang-goyang kendaraan, agar kapasitas bensin lebih banyak, atau penuh.

Kebanyakan dari mereka juga menganggap hal itu dilakukan, agar bensin dapat masuk ke semua ruang tanpa ada celah. Lantas, apakah tindakan tersebut benar?

PT Krama Tiga Berlian (KTB) Mitsubishi Motors Indonesia selaku Agen Pemegang Merek Mitsubishi (APM) di Tanah Air dalam keterangannya di akun media sosial menyebut bahwa hal itu merupakan tindakan yang salah.

Sebab, bensin merupakan benda yang bersifat cair, sehingga tidak perlu mengguncang-guncangkan kendaraan, saat mengisi bahan bakar di pom bensin.

"Ada mitos saat mengisi BBM (bahan bakar minyak) di SPBU, mobil diguncang-guncangkan supaya BBM dapat terisi dengan kapasitas lebih banyak, atau penuh. Yang perlu diketahui, BBM adalah cairan, dan sifat cairan adalah selalu mengalir dari tempat tinggi ke rendah. Jadi, tidak perlu digundang-guncangkan, agar BBM terisi di tangki dengan penuh," kata PT KTB MMI.

Sebenarnya, menggoyang-goyang kendaraan saat isi bensin justru dapat menimbulkan efek mudah luber. Sebab, pada saat menggoyang-goyangkan, bahan bakar yang ada di dalam tangki justru akan berbuih.

Jika diibaratkan, seperti halnya manusia ketika hendak minum soda kaleng. Saat kaleng tersebut dikocok, atau digoyang-goyangkan, akan luber.

Lihat video unik goyang mobil di bawah ini:


(asp)

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

![vivamore="Baca Juga :"]

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Waspada Salah Beli Mobil Gara-gara Lirikan SPG

[/vivamore]

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017