Strategi Asus Saat Kurs Rupiah Melemah

Ilustrasi uang rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
Nekat Selundupkan Sabu 6 Kg, Tiga Warga Aceh Diringkus di Bandara Kualanamu
- Kondisi pasar yang tidak kondusif, yang mana nilai tukar mata uang rupiah terus melemah dibandingkan dengan dolar AS, membuat sejumlah produsen notebook mempertimbangkan berbagai langkah strategis. Produsen berupaya menahan harga produknya agar tidak naik, tapi sebagian lain terpaksa menaikkan harga agar tidak merugi.

Bintangi Series Main Api, Darius Sinathrya Minta Izin ke Istri dan Anak

Sebagai salah satu pemain utama di industri mobile, Asus juga terkena imbas kondisi yang tidak menguntungkan tersebut. Meski demikian, produsen asal Taiwan itu menempuh pendekatan yang berbeda.

“Di saat produsen lain mati-matian mempertahankan harga atau sudah menaikkan harga produknya, Asus mengambil langkah yang berbeda,” ucap Juliana Cen, Country Product Group Leader ASUS Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Selasa 17 Maret 2015.

Dukung Presidential Club Ala Prabowo, Zulhas: Ide Bagus, Kepentingan Merah Putih

Asus justru menawarkan promo khusus di tengah melemahnya nilai tukar rupiah itu.

"Beberapa produk notebook unggulan Asus kami tawarkan di harga promo. Potongan harga antara Rp100 ribu sampai Rp1,5 juta kami siapkan,” ucapnya.

Juliana menyebutkan, kondisi pasar saat ini memang sangat tidak mendukung bagi perusahaan. Tapi, kata dia, Asus menjadikan kondisi itu sebagai peluang bisnis. 

"Ini merupakan kesempatan yang bagus bagi Asus Indonesia untuk memperluas pangsa pasar sekaligus menawarkan produk-produk terbaik pada pengguna, justru dengan harga yang lebih terjangkau,” tuturnya.

Program Promo

Asus menyebutkan produk-produk yang mendapatkan diskon sebesar Rp100 ribu sampai Rp300 ribu antara lain Asus X450, X455 dan A455 series. Produk-produk tersebut tersedia dengan prosesor Core i3 sampai Core i7 dengan RAM sebesar 2GB atau 4GB dan harddisk sebesar 500GB sampai 1TB.

Untuk produk yang mendapat potongan harga Rp300 ribu yaitu notebook-tablet 2-in-1 Asus, Transformer Book T100TA dengan prosesor Intel Atom generasi terbaru.

Asus juga memberikan harga perkenalan bagi produk ultrabook terbarunya yakni Asus UX303LN. Produk dengan prosesor Intel Core i7-4510U, RAM 8GB dan harddisk 1TB bisa mendapatkan diskon Rp1,5 juta. Harga menjadi Rp14,299 juta sebelum kembali ke harga normal di kisaran Rp15,799 jutaan.

Program promo Asus tersebut akan berlangsung hingga akhir bulan Maret 2015. (one)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya