Monitor Bekas Jadi Televisi, Ini Kata Menteri Perindustrian

Menteri Perindustrian, Saleh Husin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Menteri Perindustrian Saleh Husin, memberi penilaian menarik terhadap kasus daur ulang monitor bekas komputer menjadi televisi. Menurutnya, praktik tersebut terbilang kreatif karena memanfaatkan barang yang tak terpakai lagi.

"Tabung-tabung monitor PC itu mungkin rusak, atau usia pakainya sudah lewat, tetapi masih bisa dimanfaatkan untuk televisi," kata Saleh, dikutip dari keterangannya, Rabu 18 Maret 2015.

Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa produksi barang-barang elektronik harus memenuhi peraturan-peraturan.

"Dari sisi kreativitas memang iya. Namun, siapa pun produsen elektronik harus patuh pada regulasi, karena demi perlindungan konsumen dan standardisasi industri," kata dia.

Pernyataan ini dilontarkan Saleh terkait kasus ditangkapnya pengusaha reparasi elektronik yang mendaur ulang tabung monitor bekas komputer di Karanganyar, Jawa Tengah. Setelah diperbaiki dan dirakit, monitor itu dikemas dan diberi merek, kemudian didistribusikan di Solo, Yogyakarta, hingga Madiun.

Pengusaha berinisial MK itu dijerat dengan tiga undang-undang, tentang perindustrian, perdagangan dan perlindungan konsumen.

Untuk itu, tambah Menperin, pemerintah terus melakukan sosialisasi regulasi seperti UU nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian, UU nomor 4 tahun 2014 tentang Perdagangan dan UU nomor 8 tahun 1999 yang mengatur Perlidungan Konsumen.

"Saya juga mengapresiasi Polda Jateng yang tidak melakukan penahanan. Ini bentuk kebesaran hati rekan-rekan penegak hukum," kata Saleh.

Saleh meminta institusi di bawah kementeriannya melakukan pengawasan dan pembinaan para pengusaha kreatif di daerah-daerah. (asp)

Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop



![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi
 Petugas menunjukkan produk mi Bikini (bihun kekinian) yang disita oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Jakarta, Senin, 8 Agustus 2016.

Mi Bikini yang Meresahkan Negara

Seorang mahasiswi sedang praktikkan ilmunya.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016