9 Mitos Gerhana Matahari yang Dipercaya Dunia

Ilustrasi: Pemantauan Gerhana Matahari
Sumber :
  • ANTARA/Noveradika

VIVA.co.id - Gerhana matahari dipercaya bisa membuat gempa dan gunung meletus. Meski ilmuwan mengatakan tidak ada bukti ilmiah tentang hal itu namun sebagian masyarakat dunia percaya jika gerhana matahari dapat berarti kesusahan, termasuk Eropa.

Gerhana matahari akan berlangsung pada 20 Maret hari ini. Lapan memastikan Indonesia tidak akan kebagian fenomena ini. Namun dipastikan hampir 90 persen bagian Eropa akan terselimuti gerhana matahari.

Sepanjang sejarah, gerhana matahari telah dikaitkan dengan berbagai mitos dan takhayul. Dilansir melalui Business Insider, Jumat 20 Maret 2015, beberapa mitos yang masih dipercaya hingga saat ini di antaranya,

Jatuhnya Kekuasaan Raja

Euforia Gerhana Matahari Total

Gerhana pada 1133 setelah masehi dikenal sebagai Gerhana Raja Henry di Inggris Raya. Raja Henry I meninggal sesaat setelah gerhana matahari total muncul dan fenomena itu dipercaya sebagai tanda buruk bagi monarki. Bangsa Babilonia langsung menempatkan pengganti raja saat gerhana masih terjadi untuk melindungi penguasa.

Hinduisme

Dalam mitologi Hindu, pelayan iblis, Rahu dan Ketu, dipercaya sebagai penyebab gerhana karena mereka menelan matahari. Mereka mampu menyedot cahaya yang memberikan kehidupan bagi manusia.
Beberapa kalangan beragam Hindu di Asia menyambut gerhana matahari dengan memukul kaleng dan kentongan atau membuat api unggun. Mereka berupaya untuk membuat Rahu takut dan tidak memakan mereka.

Orang Hamil Jangan Keluar Rumah

Kapan Gerhana Matahari Total Terjadi Lagi di lndonesia?

Dalam takhayul modern dipercaya jika gerhana matahari bisa menyebabkan bahaya pada wanita hamil dan anak yang belum lahir. Beberapa ibu hamil dan anak kecil diharuskan untuk tetap berasa di rumah selama gerhana berlangsung.

Bencana

Bangsa di masa Yunani kuno percaya jika gerhana matahari merupakan tanda adanya bencana dan kerusakan. Ini merupakan awal dari kemarahan Tuhan.

Pemenggalan.

Langka, Gerhana Matahari Total 2016 di Indonesia Laris Manis

Pada masa kuno di China, sangat penting bagi mereka untuk memprediksi kapan terjadinya gerhana bulan karena gerhana bisa berarti kehancuran penguasa. Pada 2134 sebelum masehi, astrolog China gagal memprediksi terjadinya gerhana matahari. Mereka pun dipenggal.

Racun

Di beberapa bagian pedalaman India, mereka masih percaya jika gerhana matahari bisa meracuni tanaman dan makanan yang mereka miliki.

Penyaliban

Kisah Yesus menyebutkan jika penyaliban dirinya dilakukan saat langit gelap. Di sini mereka percaya jika keajaiban sekaligus tanda-tanda kegelapan akan terjadi. Ahli sejarah yakin jika langit gelap ini terjadi pada gerhana saat tahun 29 sebelum masehi atau 33 sebelum masehi.

Nabi Muhammad

Gerhana matahari yang terjadi pada 29 Januari 632 setelah masehi dipercaya menjadi tanda akan kematian Nabi Muhammad. Menurut sejarah Islam, publik berspekulasi jika gerhana matahari merupakan pertanda adanya kematian namun Nabi Muhammad membantah hal itu. Justru Nabi mengatakan jika kematian adalah awal dari sebuah kelahiran.

Mitos Korea

Cerita rakyat Korea percaya jika gerhana matahari terjadi karena matahari dicuri oleh anjing siluman.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya