Warga Surabaya Buru Prangko Gerhana Matahari.

Perangko gerhana matahari total
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA.co.id - Momentum gerhana matahari rupanya tidak ingin dilewatkan warga Surabaya, Jawa Timur, begitu saja. Selain menonton fenomena gerhana matahari, rupanya mereka juga menyempatkan membeli pernak-pernik yang berkaitan dengan fenomena tersebut, salah satunya adalah perangko bergambar gerhana matahari total (GMT).

Euforia Gerhana Matahari Total
 
Perangko tersebut dijual oleh PT Pos di salah satu lokasi berkumpulnya masyarakat menyaksikan gerhana matahari, Pantai Ria Kenjeran Park, Surabaya.
Gerhana Matahari, Ini Tanggapan Donny Alamsyah
 
Salah seorang pembeli, Anisa Niken mengungkapkan, dia membeli perangko itu sebagai kenang-kenangan. Alasannya, fenomena semacam itu belum tentu akan datang lagi dalam waktu dekat.
Kapan Gerhana Matahari Total Terjadi Lagi di lndonesia?
 
"Masa kenang-kenangan hanya foto-foto? Perlu ada sesuatu, atau merchandise yang unik, khas gerhana matahari,” ucap Anisa di Surabaya, Rabu 9 Maret 2016.
 
Manajer Penjualan PT Pos Surabaya, Eko Priyono mengatakan, perangko itu memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya karena jumlahnya yang langka.
 
“Karena kami mencetaknya hanya untuk menyambut Gerhana Matahari Total saja, setelah itu tidak ada lagi,” kata Eko kepada VIVA.co.id.
 
Selain itu, perangko tersebut bisa menjelaskan kepada masyarakat mengenai munculnya fenomena GMT. Caranya, dengan memindai atau melakukan proses scanning perangko itu pada perangkat, atau aplikasi berbasis android.
 
"Nanti kami bantukan untuk mengunduh aplikasinya di Apple Store, setelah itu baru bisa digunakan, caranya cukup mudah,” ucap Eko.
 
Tidak hanya itu, perangko tersebut terbuat dari bahan fosfor, sehingga akan menyala saat berada dalam kegelapan.
 
Untuk satu set perangko itu, PT Pos menjualnya dengan harga Rp100 ribu. "Satu set itu akan dapat beberapa lembar perangko, serta album yang bisa digunakan untuk koleksi juga,” kata Eko.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya