Menguak Keindahan Desa Wisata Laksana

Suasana Desa Wisata Laksana
Sumber :
  • VIVA / Linda

VIVA.co.id - Mungkin tak banyak orang tahu, mengenai keberadaan Desa Wisata Laksana yang ada di Kabupaten Bandung, perbatasan dengan Garut. Desa ini ternyata menyimpan potensi wisata alam yang besar dan patut dibanggakan.

Salah satu keindahan yang dimiliki Desa Wisata Laksana adalah Kamojang, sebuah kawah yang memiliki uap letup dan di sebelahnya ada pemandian air panas dengan area cukup luas.

Banyak turis datang ke sini untuk menyambangi Kawah Kamojang, sebab ia memiliki pemandian air sulfur berkhasiat yang bisa mengobati penyakit kulit. Pengunjung tidak hanya datang dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri, contohnya Malaysia.

Momen Fortuner Korekan Balap Dipermalukan Mobil Listrik Standar

Saat memasuki desa ini, pengunjung akan disambut suasana  pengunungan dan lembah yang memberi hawa sejuk. Kepolosan  dan keramah-tamahan penduduk setempat dalam menyambut tamu, tentu menjadi nilai plus.

Mata pencarian penduduk desa ini, rata-rata sebagai petani. Itu sebabnya, desa ini sangat menjaga sistem penghijauan yang menjadi napas hidup mereka. Masyarakat setempat juga sangat fokus menjaga agar perairan mereka tidak kering.

Uniknya, meski desa ini belum dikomersialkan secara umum, tetapi tempat ini sudah terbuka bagi pengunjung yang ingin merasakan panorama Kawah Kamojang. Bahkan, penduduk setempat juga menyediakan homestay, yang harus dipesan dengan perjanjian terlebih dahulu.

Perkembangan pariwisata di desa ini, salah satunya disinyalir karena andil bantuan provider XL Axiata. Selama ini, operator ini berkomitmen mendukung dan memajukan potensi wilayah perdesaan. Sebuah gerakan yang selaras dengan visi pemerintah, untuk mengimplementasi Rencana Desa Pitalebar di Indonesia.

"Kami berharap dengan adanya program ini, dapat memberi pengembangan bagi masyarakat. Desa Laksana merupakan percontohan pertama yang kami kembangkan dalam program Xmart Village. Selanjutnya, kami berharap dapat mendukung perkembangan desa-desa lain," ujar Arkav Juliandri, GM Bisdev and Cloud Technology, pada Kamis, 19 Maret 2015.

![vivamore="
Rajin Menabung, Tukang Parkir di Jombang Naik Haji Tahun Ini
Baca Juga :"]
Viral Kiper Jepang Menangis di Tengah Laga Final Piala Asia U-23



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya