Begini Mengatasi Rasa Cemas Ketika Bekerja

Ilustrasi presentasi di kantor.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Waspadai Penyebab Munculnya Gangguan Kecemasan Ini
- Kecemasan dapat meningkat dengan cepat dan melumpuhkan. Dimulai dengan tangan gemetar, suara bergetar, dan mulut kering. Beberapa orang mengalami kesulitan untuk fokus dan mengalami kehilangan napas. Ada juga yang menderita keringat berlebih, ketika merasa cemas. 

"Semua hal tersebut, merupakan perasaan panik yang dapat membuat kehilangan kontrol," kata Matt Abrahams, dosen perilaku organisasi di Stanford Graduate School of Business, di California, Amerika. Perasaan ini sering terjadi, ketika kita berada di kantor. Terutama, bagi seorang pemimpin seperti manajer.

5 Tips Ampuh Mengatasi Rasa Cemas

"Manajer bisa merasa seperti sendirian ketika cemas, tetapi kenyataannya adalah semua orang merasa cemas," tambah Abrahams.

Untuk mengatasi masalah ini, Abrahams menjelaskan bahwa jangan terpaku pada kemungkinan terjadi kesalahan, seperti dilansir BBC.

Makanan Ajaib Ini Mampu Kurangi Rasa Cemas

"Bagi seorang manajer baru, hal ini tentu sangat sulit," kata Richard Posthuma, profesor manajemen di University of Texas di El Paso. Untuk menanggulangi hal ini, banyak perusahaan menawarkan pelatihan untuk menangani tekanan menjadi seorang atasan.

"Manajer baru perlu tahu, bagaimana untuk menangani hal-hal berat, dan sayangnya, sering kali itu hanya masalah yang sering diulang-ulang," tambah Posthuma. 

Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda memberitahu tubuh Anda untuk merasa bahagia, Anda akan memiliki lebih percaya diri. Untuk itu, perlu ada cara mengatasi kegelisahan. 

Caranya adalah ketika Anda pertama kali menjadi seorang pemimpin, mulut Anda akan semakin kering dan napas terasa dangkal, perlahan cobalah untuk mengatasi rasa takut tersebut, dan Anda bisa menghafal pidato Anda dan berkonsentrasi pada apa yang di presentasikan. 

Dengan melatih diri untuk presentasi di depan orang, di kemudian hari perasaan takut dan cemas akan hilang dengan sendirinya. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya