Berkat Replika Makanan, Raih Rekor MURI Hingga Omzet Jutaan

Ilustraso makanan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizki Aulia Rahman

VIVA.co.id - Acara produk kerajinan Indonesia terbesar, Inacraft yang digelar ke-17 kalinya ini diikuti oleh kurang lebih 1.450 peserta yang merupakan perajin, pengusaha, produsen, hingga pengusaha handicraft dari berbagai wilayah di Tanah Air.

Salah satu stand pameran yang banyak memikat hati pengunjung di arena tersebut adalah Crayon Craft & Co, yang menjual replika-replika makanan yang menggugah selera.

Replika makanan ini dimuat mirip sedemikian rupa dengan aslinya, seperti roti tawar, nasi ayam lengkap dengan sambal dan tempe tahu, gado-gado, bubur ayam, sampai mi yamin yang dibuat lengkap dengan kuahnya.

Syumeiraty Rashando, pencetus yang juga pemilik dari Crayons Craft & Co mengatakan, ide membuat replika makanan diciptakan bermula saat dirinya yang sejak dulu hobi mengoleksi pernak-pernik kecil.

Menurut wanita yang biasa disapa Yoyong ini, replika makanan tersebut dibuat dari bahan dasar clay atau lilin plastik. Meski ini barang replika, namun detail dari makanan baik dari segi warna dan tekstur yang dibuat wanita asal Bandung tersebut, tampak 100 persen sama persis dengan makanan aslinya.

"Sudah dari tahun 2003 saya jalankan bisnis ini. Idenya, karena ketika itu saya terus berpikir bagaimana harus bisa terus bersaing dengan perajin barang kerajinan tangan yang sudah semakin banyak dan beragam," ujar Yoyong saat ditemui VIVA.co.id di Senayan, Jakarta, Kamis 9 April 2015

Menurut Yoyong, sebelum memulai bisnis replika makanan ini, dia sudah lebih dulu berjualan beberapa pernak-pernik hadiah atau merchandise yang dijual di beberapa mal di Bandung. Namun, saat itu usaha yang sedang dijalani Yoyong hampir mengalami kebangkrutan.

Bersaing di MEA, Koperasi Jadi Solusi Pengusaha Kecil

Akibatnya, dia harus putar otak agar dirinya masih terus bisa menjalani hidup untuk menjadi pengusaha.

"Persaingannya waktu itu makin ketat. Saya berpikir bagaimana caranya untuk keluar dari persaingan itu. Berarti saya harus ciptakan hal yang baru tanpa harus meninggalkan produk kerajinan yang sudah saya jalani," katanya.

Lazada Indonesia berikan jalur untuk globalkan produk UKM lokal

Lazada Beri Jalur Globalkan Produk UKM Lokal

Produk dari 12 UKM telah didistribusikan di Malaysia

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016