Negara Islam di Dunia Bersatu Bentuk Bank Infrastruktur

Ilustrasi keuangan syariah
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id - Negara-negara Islam di dunia akan bergabung untuk membentuk bank khusus infratruktur berbasis keuangan syariah.

Indonesia, kini sedang berjuang untuk menjadi tuan rumah Islamic Investment Infrastruktur Bank (IIIB) tersebut.

Menteri Kuangan Bambang Brodjonegoro, Selasa 14 April 2015, mengungkapkan bahwa pembentukan bank tersebut, saat ini sedang dikaji oleh Indonesia dan negara-negara Islam yang keuangan syariahnya sudah berkembang.

"Kami di Indonesia sedang berjuang, atau bersaing untuk menjadi tuan rumah dari suatu institusi baru. Nama baku mungkin belum ada, tetapi kalau diterjemahkan bank infrastruktur yang gunakan investasi berbasis syariah," ujar Bambang, di kantornya.

Bambang menjelaskan, IIIB akan berperan seperti bank pembangunan internasional yang sudah ada saat ini seperti Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia, dan Bank Investasi Infrastruktur Asia yang akan segera beroperasi.

Namun, pembiayaan yang diberikan sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan syariah, seperti penjaminan proyek, melalui surat berharga syariah (sukuk). "Kalau di Tiongkok ada AIIB, Indonesia punya IIIB," tambahnya.

Meskipun beranggotakan negara-negara Islam, pembiayaan IIIB juga bisa diberikan kepada negara-negara lain. Dengan demikian, nantinya di dunia tidak ada lagi isu kekurangan pembiayaan infrastruktur yang dialami, khususnya negara berkembang.

"Kalau Indonesia sudah jadi tuan rumah, Indonesia sudah jadi negara terkemuka," tegasnya. (asp)

RI Investor Terbesar ke-8 di Bank Investasi Asia AIIB



![vivamore="Baca Juga :"]

Menko Sofyan Jabarkan Masalah-masalah Bangun Infrastruktur
[/vivamore]
Ilustrasi pembangunan infrastruktur jalan

IIF Target Salurkan Pembiayaan Infrastruktur Rp10 Triliun

Tahun ini akan membiayai sekitar lima sampai 10 proyek infrastruktur.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016