Gibran dan Selvi Pilih Kebaya Klasik untuk Resepsi

Kebaya pilihan Gibran dan Selvi
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq Solo
VIVA.co.id
Cucu Pertama Jokowi Sudah Keluar Rumah Sakit
- Pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda, akan digelar awal Juni mendatang. Berbagai persiapan pun telah dilakukan untuk momen spesial tersebut, salah satunya adalah persiapan busana untuk resepsi pernikahan.

Mufidah Kalla Bawa Kado Besar untuk Cucu Jokowi

Kedua calon mempelai mempercayakan penggarapan busana untuk resepsi pernikahan kepada desainer lokal Solo, Hanif A Nanjaya, yang juga pemilik rumah mode Chili. Selama ini Hanif selalu dipercaya sebagai perancang kebaya untuk ajang pemilihan Putra-Putri Solo.

Dari situlah awal mula perkenalan Hanif A Nanjaya dengan Selvi yang notabene pemenang juara 1 Putri Solo 2009. Sejak saat itu, calon menantu Presiden Jokowi itu mengenakan kebaya rancangan Hanif untuk berbagai acara dalam kapasitasnya sebagai Putri Solo.

"Saya kenal dengan Mbak Selvi sudah lama, yakni sejak menjadi Putri Solo 2009. Sejak saat itu, Mbak Selvi sering memakai kebaya rancangan rumah mode Chili," kata dia ketika ditemui di rumah model Chili yang beralamat di Jalan RM Said No 104 Punggawan, Solo, Rabu, 15 April 2015.

Selanjutnya dia mengungkapkan, dari persahabatan yang sudah lama dijalin itu, ternyata Selvi mempercayakan pembuatan busana untuk prosesi pernikahan dengan Gibran. "Saya itu bangga sekali bisa dipercaya untuk menggarap busana pernikahan putra Presiden," kata dia sumringah.

Busana yang akan dikenakan saat resepsi pernikahan nanti, dijelaskan dia, merupakan busana Jawa klasik yang terbuat dari bahan kain beludru. Sedangkan warna busana untuk kedua calon mempelai adalah hitam.

"Untuk yang Mbak Selvi itu busana kebaya siluet klasik, sedangkan Mas Gibran mengenakan beskap. Untuk model klasik itu memang keinginan dari Ibu Iriana sejak awal. Ya untuk melestarikan budaya Jawa," ujar dia.

Lebih lanjut dia membeberkan, meski mengenakan busana klasik gaya keraton, namun akan ada ekor di bagian kebayanya. Ekor kebaya tersebut dibiarkan menyentuh tanah dan memiki panjang sekitar satu meter.

Gibran Jokowi Siapkan Dua Kambing untuk Akikah Anaknya

"Gaya kebaya klasik keraton memang nggak ada yang berekor, meskipun nantinya memiliki ekor tetapi tetap pakem klasik kebayanya," tuturnya.

Sedangkan untuk bawahan, disebutkan Hanif A Nanjaya akan mengenakan jarik. Jarik yang digunakan adalah batik bermotif sidomukti. "Baik pengantin laki-laki maupun perempuan bawahannya mengenakan jarik motif sidomukti semua," jelas dia.

Tahap pengerjaaanā€ˇ busana pesanan Gibran dan Selvi hingga saat ini diakuinya baru mencapai 50 persen. Busana tersebut diharapkan pengerjaannya selesai pada awal bulan Mei mendatang.

"Kemarin Mbak Selvi bilang kalau busana resepsi pernikahannya harus selesai awal Mei. Sedangkan untuk fitting baru dilakukan sekali pada hari Selasa kemarin," tuturnya.

Selain mengerjakan busana untuk kedua calon mempelai, Hanif A Sanjaya menambahkan jika busana yang akan dikenakan keluarga Presiden Jokowi maupun keluarga Selvi juga dikerjakan oleh dirinya.

"Semua yang mengerjakan untuk busana untuk prosesi pernikahan Chili, termasuk busana untuk Pak Presiden dan Bu Iriana," ucapnya.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya