Masyarakat Ekonomi ASEAN Tantangan bagi Auditor Internal

Kalkulator
Sumber :
  • Dokumentasi Toyota Astra Motor
VIVA.co.id
Indonesia Dukung Sentralisasi ASEAN
- Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, mengatakan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) merupakan tantangan bagi daya saing Indonesia.

Industri Makanan Kemasan Jawara di ASEAN

Dengan demikian, peningkatan kompetensi tenaga kerja menjadi hal yang mutlak diperlukan, termasuk bagi internal auditor.
Bersaing di MEA, Koperasi Jadi Solusi Pengusaha Kecil


Menurutnya, kesiapan aparat internal auditor dalam meghadapi MEA menjadi kunci keberhasilan Indonesia ke depan.


"Kalau tenaga kerja terdidik kita tidak siap, maka bisa kita bayangkan nanti tenaga internal auditor datang dari pasar bebas ASEAN," ujar Mardiasmo, seperti dikutip pada laman Kementerian Keuangan, Kamis 16 April 2015.


Lebih lanjut, dia mengungkapkan, agar MEA dapat membawa manfaat yang optimal bagi Indonesia, perlu sinergi yang baik antara internal auditor sektor publik dan sektor swasta.


Hal ini mengingat, dalam beberapa hal, auditor internal swasta diakui telah selangkah di depan auditor internal sektor publik.


“Internal auditor saat ini lebih kuat di swasta dibanding sektor publik. Oleh karena itu, kompetensi auditor internal sektor publik harus lebih ditingkatkan," katanya.


Dia menambahkan, demi mewujudkan visi dan misi pemerintah serta menjelang implementasi MEA pada Desember 2015 mendatang, dia berharap sinergi antara auditor intern sektor publik dan swasta dapat ditingkatkan.


"Sinergi antara internal auditor sektor publik dan swasta kita ingin benar-benar tingkatkan," ungkapnya.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

Kecil di Semarang, Mendunia Lewat Gula

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya