Pembangunan Kereta Api Bandara Soetta Habiskan Rp2,5 T

Maket Stasiun Kereta Api di dalam area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten
Sumber :
  • Anissa Maulida (Tangerang)

VIVA.co.id - PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II secara resmi akan memulai pembangunan jalur ganda kereta api Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih

Pembangunan dimulai dari Stasiun Batu Ceper, Cipondoh, Tangerang ke Stasiun Bandara Soetta sepanjang kurang lebih 12 kilometer.

Untuk diketahui, pembangunan proyek jalur KA Bandara Soetta ini dilakukan sebagai lajutan dari Perpres Nomor 83 Tahun 2011 tentang Penugasan kepada PT KAI untuk menyelenggarakan prasarana dan sarana KA Bandara Soetta.

Direktur Keuangan, PT KAI, Kurniadi Atmosasmito, Senin 20 April 2015, mengatakan bahwa proyek yang menghabiskan dana Rp2,5 triliun ini akan melintasi jalur lingkar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi.

"Tujuannya, antara lain untuk meningkatkan moda transportasi KA, khususnya untuk melayani angkutan penumpang dari Jakarta ke Bandara Soetta melalui Kota Tangerang," ujar Kurniadi dalam konfrensi persnya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta,

Menurut Kurniadi, nantinya jalur-jalur ini akan dioperasikan oleh PT Railink, perusahan patungan antara PT KAI dan PT AP II.

Dari dana pembangunannya, kata Kurniadi, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan empat bank terkemuka di Indonesia, yakni BRI, BCA, BNI, dan Bank Mandiri.

"Dari kerja sama itu, dilakukan dua PK (perjanjian kredit, yakni antara PT KAI dengan bank sindikasi dari empat bank itu senilai Rp1,45 triliun, atau 84 persen dari total biaya proyek pembangunan prasarana," katanya.

Kemudian, di perjanjian kedua, antara PT Railink dengan kempat bank tersebut senilai Rp612 miliar, atau 85 persen dari total pengadaan sarana KA Bandara Soetta.

"Perjanjian kredit ini berlaku untuk jangka waktu kredit selama 14 tahun sejak ditandatangi kerja sama hari ini," ujarnya.

Selain itu, Kurniadi menjelaskan, dengan adanya perjanjian kredit ini diharapkan pembangunan prasarana dan sara KA Bandara Soetta dapat selesai sesuai target.

"Mudah-mudahan pada 2016 mendatang jalur ini sudah bisa dioperasikan," tambahnya. (asp)

Salah satu ruang tunggu di Terminal 3 bandara Soekarno-Hatta.

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi

Bandara Soeta targetkan 65 juta penumpang setiap tahun.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016