Pefindo Turunkan Peringkat Bank Muamalat

Bank Muamalat
Sumber :
VIVA.co.id
Pefindo Turunkan Peringkat Bank Muamalat Indonesia
- PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (BBMI) dari idA+ menjadi idAA-. Peringkat Sukuk Subordinasi Berkelanjutan I tahap 1/2012 dan tahap II/2013 yang belum jatuh tempo, juga diturunkan menjadi idA(sy) dari idA+(sy).

Salyadi Saputra Pimpin Pefindo

Analis Pefindo, Dyah Puspita Rini menyampaikan penurunan peringkat disebabkan melemahnya profil kualitas aset dan profitabilitas bank secara signifikan. Peringkat tersebut untuk periode 10 April 2015 hingga 1 April 2016.
Pefindo Turunkan Peringkat Trikomsel (Edited)


"Penyajian kembali laporan keuangan Bank tahun 2013 menghasilkan perhitungan rasio pembiayaan bermasalah dan beban pencadangan yang lebih tinggi," ujarnya di gedung Bursa Efek Indonesia Jakarta, Selasa, 21 April 2015.


Selain itu, lanjutnya, kondisi makro ekonomi yang kurang menguntungkan telah mengakibatkan penurunan kualitas kredit debitur perusahaan, terutama di segmen korporasi.


Dyah menjelaskan, prospek bank syariah terbesar kedua di Indonesia ini adalah stabil atas peringkat bank. Peringkat mencerminkan dukungan yang kuat dari pemegang saham mayoritas dan posisi bisnis bank yang kuat dalam perbankan syariah.


Namun, kata dia, peringkat tersebut dibatasi oleh profil kualitas aset yang lemah dan tingkat profitabilitas yang di bawah rata-rata.


"Peringkat dapat diturunkan jika terjadi perubahan material dalam struktur pemegang saham perusahaan yang mempengaruhi dukungan pemegang saham kepada BBMI," ujarnya menyebut alasan penurunan peringkat.


Dyah mengatakan, peringkat dapat dinaikan apabila bank dapat meningkatkan atau memperbaiki posisi bisnis, profil kualitas aset dan profitabilitas secara signifikan dan berkesinambungan.


"Dapat diturunkan bila penurunan kualitas aset, profitabilitas, dan permodalan yang mengakibatkan posisi resiko keuangan yang lebih lemah," tuturnya.


Sebagai informasi, BBMI memiliki sekitar empat juta nasabah pendanaan dan pembiayaan. Aktivitas bisnis bank di dukung oleh 84 kantor cabang, 272 kantor cabang pembantu, 101 kantor kas, 103
mobile branch
.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya