Bank Jatim Targetkan Kredit Mikro Rp600 Miliar

Ilustrasi uang rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
Alur Cerita Skandal Saham Bank Jatim Versi La Nyalla
- PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (berkdoe saham BJTM) menargetkan penyaluran kredit mikro mencapai Rp600 miliar pada tahun ini. Angka tersebut, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar Rp264 miliar.

Direktur Kepatuhan Bank Jatim, Eko Antono mengatakan, hal tersebut sebagai upaya perseroan untuk memperbaiki portofolio kreditnya dengan meningkatkan porsi kredit produktif.

Bank Jatim Targetkan Laba Rp1,48 Triliun

"Tahun ini, kami harapkan bisa mencapai Rp600 miliar," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu, 22 April 2015.

Eko menjelaskan, peningkatan porsi kredit sektor produktif tersebut hingga sebesar 44 persen dengan mengandalkan kredit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Adapun, peningkatan porsi kredit sektor produktif juga merupakan keinginan dari pemegang saham dalam, hal ini pemerintah daerah Jawa Timur.

Ini Alasan Bank Jatim Urung Buyback Saham

"Pemegang saham kami ingin kredit produktif dan konsumtif seimbang. Tapi kan tidak bisa langsung 50-50, jadi kami lakukan secara bertahap," ujarnya.

Selain itu, Bank Jatim akan melakukan penambahan unit mikro dari 60 unit menjadi 100 unit di tahun 2015.

Kredit produktif Bank Jatim sendiri terdiri dari sektor komersial, seperti stanby loan, overdraft, sindikasi dan SME seperti KUR, Pundi Kencana, Jatim Mikro dan lainnya yang porsinya 36,2 persen. Adapun untuk kredit konsumsi, terdiri dari Multiguna, KPR dan lainnya mencapai 63,8 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya