Tahun Ini, Rukun Raharja Siapkan Belanja Modal Rp324 Miliar

Ilustrasi pipa gas
Sumber :
  • VIVAnews/Rizki Aulia Rachman

VIVA.co.id - PT Rukun Raharja Tbk (berkode saham RAJA) mengalokasikan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini sekitar US$25 juta, atau Rp324,10 miliar (kurs tengah BI Rp12.964).

Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp25 Miliar Digagalkan, 3 Orang Ditangkap

Direktur Keuangan RAJA, Djauhar Maulidi mengatakan, dana capex tahun ini berasal dari dana kas internal perseroan serta pinjaman perbankan. "Capex tahun ini minimal itu kita anggarkan US$25 juta. Kami akan gunakan untuk membiayai proyek-proyek pipa gas kami," ujarnya di Jakarta, Rabu, 29 April 2015.

Djauhar mengungkapkan, saat ini perseroan sedang membangun pipa gas sepanjang 20 kilometer (km) yang berada di Gresik, Jawa Timur. Proyek tersebut membutuhkan dana sekitar US$18-US$20 juta dari dana capex tahun ini. "Pembangunan pipa gas di Jawa Timur itu sepanjang 20 km. Kami ingin selesai di pertengahan tahun ini," ujarnya menambahkan.

5 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

Selain itu, sisa dana capex sebesar US$5-US$7 juta akan digunakan untuk proyek pembangunan pipa gas baru milik perseroan yang berlokasi di Jambi, Sumatera Utara. "Sekarang masih tahap perizinan bisa selesai untuk pipa gas di Jambi. Investasinya untuk pembangunan pipa gas dan CNG plan sekitar US$20 juta. Panjangnya itu 12-13 km," ujarnya.

Menurut dia, perseroan akan memulai persiapan pembangunan pada akhir tahun ini. Sehingga, diperkirakan pembangunan fisik pipa gas tersebut baru bisa dilakukan di awal tahun 2016.

Kronologi Duel Maut Manusia Silver yang Berujung 2 Korban Tewas

Djauhar menyebutkan, gas yang akan dihasilkan dari pipa gas di Jambi, Sumatera ini sebagian besar akan disalurkan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN). "Kita sedang bernegosaiasi dengan PLN terkait pipa gas di Jambi. Pembangunan akan dilakukan pada akhir tahun, seperti pengurusan izin dan lain-lain. Dan pembangunan fisik baru akan dilakukan di awal tahun depan."

(mus)

Kemkominfo dan KONI bahas kesiapan Media Center dalam peliputan PON 2024, berlangsung di Kantor Gubernur Sumut.(dok Pemprov Sumut)

Kemkominfo dan KONI Bahas Kesiapan Media Center Bagi Jurnalis dalam Peliputan PON 2024

Kemkominfo dan KONI Bahas Kesiapan Media Center Bagi Jurnalis dalam Peliputan PON 2024

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024